Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2022, 09:06 WIB

KOMPAS.com - Revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, telah mencapai 98 persen karena beberapa anjungan telah rampung direnovasi. Tempat wisata ini juga berencana lakukan uji coba untuk masyarakat pada Oktober-Desember 2022.

"Untuk progresnya sendiri untuk revitalisasi ini baru 98 persen, sudah mendekati selesai," kata Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utami, kepada Kompas.com, Rabu (31/08/2022).

Baca juga: Uji Coba Pembukaan TMII Diadakan Oktober 2022, Harga Tiket Tak Berubah

Anjungan sejumlah provinsi di Indonesia telah rampung direnovasi, tetapi sebagian lainnya masih ada yang dalam tahap renovasi. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa anjungan ini sebagai perwakilan dari suatu daerah di Indonesia.

Setiap anjungan akan menampilkan ciri khas tiap daerah, mulai dari rumah adat, pakaian adat, ikon daerah tersebut, hingga kuliner khas daerah. Agar anjungan ini terlihat lebih menarik dan lebih terkini lagi, maka dilakukanlah beautifikasi.

Kini tiap-tiap anjungan tak lagi diberi pagar pembatas antaranjungan. Hal ini berkaitan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Baca juga: 12 Agenda Peringatan HUT Ke-77 RI, Ada Pembukaan TMII Usai Renovasi 

"Kita ini harus mengembalikan marwahnya TMII dulu. Jadi, dulu antaranjungan semua terbuka, tidak ada pagar-pagar pembatas. Semua konsepnya terbuka, sehingga, satu sama lain itu ke-Bhinneka Tunggal Ika-annya terlihat nyata," ungkap Emilia.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Rabu, anjungan-anjungan yang ada belum 100 persen selesai, hampir seluruhnya masih dalam proses renovasi. Berikut beberapa anjungan yang ada:

1. Anjungan Provinsi Sumatera Barat

Tampak luar Anjungan Sumatera Barat Taman Mini Indonesia IndahKOMPAS.com/Viona Pricilla Tampak luar Anjungan Sumatera Barat Taman Mini Indonesia Indah

Anjungan ini termasuk sudah 100 persen selesai. Jika dilihat ke dalam, struktur bangunan dan lainnya sudah terlihat rapi.

Namun, karena masih dalam masa renovasi TMII secara keseluruhan, terlihat beberapa pekerja bangunan yang berada di tempat itu.

Mushola di dalam Anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah.KOMPAS.com/Viona Pricilla Mushola di dalam Anjungan Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah.

Anjungan Sumatera Barat ini juga menjadi salah satu anjungan yang memiliki mushala yang disebut juga sebagai surau dalam bahasa daerah setempat.

Baca juga: Sederet Fasilitas Baru TMII Setelah Revitalisasi, Ada Trem Listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+