Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute TransJakarta ke Bandara Halim, Lanjut Ojol atau Angkot

Kompas.com - 02/09/2022, 13:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara Halim Perdanakusuma dibuka kembali untuk penerbangan komersial mulai Kamis (01/09/2022), setelah tutup sejak Januari 2022 untuk revitalisasi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memastikan seluruh fasilitas bandara, baik sisi darat maupun udara kini sudah siap untuk kembali melayani penerbangan komersial.

"Kami telah melakukan proses verifikasi terhadap fasilitas di gedung terminal dan telah ditindaklanjuti oleh AP II (PT Angkasa Pura II),” ujar Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono, dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/08/2022).

Baca juga: Bandara Halim Buka Kembali Mulai 1 September 2022

Menurut laporan Kompas.com, bandara yang berlokasi di Jakarta Timur ini akan kembali melani sejumlah maskapai, di antaranya Citilink, Batik Air, dan Wings Air.

Beberapa destinasi yang dilayani termasuk Surabaya, Denpasar, Padang, Malang, Medan Kualanamu, Bengkulu, Palembang, Yogyakarta (Kulon Progo), Semarang, hingga Bali. 

Baca juga:

Selain menggunakan transportasi pribadi, Bandara Halim Perdanakusuma sangat mudah dicapai menggunakan kendaraan umum, misalnya TransJakarta. Jika berencana naik kendaraan umum ke Bandara Halim Perdanakusuma, berikut rute perjalanan yang bisa dipilih.

Rute TransJakarta ke Bandara Halim

Bandara Halim Perdanakusuma berada di Jalan Halim Perdana Kusuma No 1, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. 

Jika mencari rute TransJakarta ke Bandara Halim dari tengah kota atau Jakarta Pusat, bisa menuju halte bus TransJakarta Gambir 2. 

Baca juga: Bus Wisata TransJakarta Kini Beroperasi Setiap Hari, Kecuali Senin

Dari halte tersebut, naik TransJakarta jurusan 5C (PGC 1), tujuan halte Cawang UKI, dengan tarif Rp 3.500.

TransJakarta rute ini melewati 16 pemberhentian, yaitu Gambir 2, Kwitang, PAL Putih, Kramat Sentiong, Salemba UI, Salemba Carolus, matraman 1, Tegalan, Slamet Riyadi, Pasar jatinegara, Jatinegara Rs. Premier, Bidara Cina, Gelanggang Remaja, Cawang Otista, BNN, baru turun di Cawang UKI. 

Jika berangkat dari arah lain selain Jakarta Pusat, kamu juga bisa mencari TransJakarta yang mengarah ke halte Cawang UKI.

Baca juga: 6 Aktivitas Akhir Pekan di Kota Tua Jakarta, Bersepeda hingga Foto

Namun, kamu harus melanjutkan perjalanan, baik menggunakan transportasi online maupun angkutan kota (angkot). Jaraknya tak terlalu jauh, hanya sekitar 2,8 kilometer.

Jika memilih naik transportasi online roda dua, tarifnya sekitar Rp 15.000, sementara mobil Rp 25.000. Ingat, tarif bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung jam ketika pemesanan.

Memesan transportasi online ketika jam sibuk relatif lebih mahal daripada waktu lainnya.

Baca juga: 6 Aktivitas Akhir Pekan di Kota Tua Jakarta, Bersepeda hingga Foto

Jika naik transportasi online, misalnya motor, kamu bisa turun tepat di depan gerbang Bandara Halim, kemudian jalan sedikit untuk masuk ke bandara.

Halte Transjakarta Bundaran HI. TransJakarta bisa jadi kendaraan untuk mencapai Bandara Halim Perdanakusuma.Transjakarta Halte Transjakarta Bundaran HI. TransJakarta bisa jadi kendaraan untuk mencapai Bandara Halim Perdanakusuma.

Selain naik transportasi online, kita juga bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot setelah turun di halte bus TransJakarta Cawang UKI.

Pilih jembatan menuju Bandara Halim atau seberang komplek UKI. Lalu, jalan sekitar 170 meter atau 2 menit untuk naik JAK20 jurusan Cawang UKI-Lubang Buaya. 

Baca juga: 7 Hal yang Sebaiknya Tak Anda Lakukan saat Naik Transjakarta

Kamu bisa turun di di Gereja Oikoumene. 

Dari Gereja Oikoumene, tinggal berjalan kaki sekitar 200 meter atau 2 menit untuk sampai di gerbang Bandara Halim Perdanakusuma.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com