Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Hadirkan Penerbangan Rute Jakarta-Silangit

Kompas.com - 02/09/2022, 17:27 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Maskapai AirAsia resmi membuka rute domestik Jakarta-Silangit, Sumatera Utara, yang akan terbang tiga kali dalam seminggu, mulai hari ini, Jumat, (02/09/2022).

Selain menyediakan pilihan penerbangan yang terjangkau, hal ini juga sejalan dengan fokus pemerintah mengembangkan kawasan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP).

Baca juga: 5 Alasan Harus Wisata ke Danau Toba, Latar Film Ngeri-ngeri Sedap

"Pembukaan rute ini tujuannya untuk recovery penerbangan nasional yang terdampak pandemi, dan juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata dan transportasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, seperti dikutip Antara, Jumat.

Adapun penerbangan rute Jakarta-Silangit akan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg.

Ia berharap, penerbangan rute baru ini juga bisa meningkaykan peluang untuk menghubungkan wisatawan lokal dan mancenegara ke berbagai destinasi wisata, dengan harga tiket yang bersaing.

“Kami sangat bersyukur menjadi bagian dari pengembangan pariwisata Indonesia melalui pembukaan rute-rute baru yang menghubungkan destinasi favorit turis lokal dan mancanegara," ujarnya.

Baca juga: 7 Hotel di Pinggir Danau Toba yang Ada Kolam Renang

Penerbangan ke Danau Toba akan diperbanyak

Pesawat AirAsia mendarat di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara usai melakukan penerbangan perdana dari Jakarta, pada Jumat (2/9/2022). (Adimas Raditya)ANTARA/ADIMAS RADITYA Pesawat AirAsia mendarat di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara usai melakukan penerbangan perdana dari Jakarta, pada Jumat (2/9/2022). (Adimas Raditya)

Adapun Silangit adalah bandara terdekat dari danau vulkanis terbesar di dunia, yqkni Danau Toba, yang memiliki panorama alam menakjubkan serta merupakan satu dari lima DSP yang menjadi prioritas pemerintah.

Pemerintah sebelumnya juga sudah mengungkapkan komitmen untuk terus menambah jumlah penerbangan ke Danau Toba.

"Terkait pembangunan (destinasi) super prioritas kami terus tingkatkan dengan beberapa terobosan, seperti penerbangan langsung di mana AirAsia sudah berkomitmen akan menambah penerbangan ke Bandara Silangit dan Kualanamu, serta beberapa maskapai lainnya seperti Lion Air yang juga akan menambah penerbangan ke sini," ungkap Sandiaga dalam upacara pembukaan W20 di Parapat, Kabupaten Simalungun, Selasa (19/07/2022), seperti dikutip Kompas.com (20/07/2022) dari Tribun Medan.

Baca juga: Legenda Danau Toba, Tercipta akibat Amarah Putri Jelmaan Ikan

Seiring dengan penambahan jumlah penerbangan, maka ketersediaan kursi juga ikut meningkat. Oleh karena itu, Sandiaga berharap harga tiket pesawat menuju dan dari Danau Toba ke depannya akan lebih terjangkau.

Sehingga, perjalanan ke Danau Toba akan memberikan kesan positif bagi semua yang menjalaninya, termasuk wisatawan mancanegara.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com