Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2022, 15:03 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Desa Wisata Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mempromosikan beberapa kearifan lokalnya.

Wisatawan pun bisa seolah menyatu dengan kehidupan masyarakat petani setempat. Tidak hanya bisa menikmati wisata river tubing, wisatawan bisa ikut menyiangi rumput di sawah bersama petani.

Jumat, (2/9/2022), turis asal Swiss berwisata di air terjun Cunca Caru dengan berjalan di pematang sawah. Saat mau kembali ke penginapan, mereka turun ke sawah untuk bergabung dengan petani menyiangi rumput.

Baca juga: Moko, Alat Musik Sekaligus Maskawin Suku Abui di Alor NTT

"Ini memberikan pengalaman baru bagi wisatawan mancanegara dan Nusantara untuk mengenal kehidupan masyarakat petani di Manggarai Timur," kata Kepala Desa Golo Loni, Yohanes Okalung kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp Sabtu, (3/9/2022).

Ia melanjutkan, Pemerintah Desa Golo Loni bersama anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tunas Harapan Desa Golo Loni memandu wisatawan yang mengunjungi beberapa lokasi wisata di Desa tersebut.

Baca juga: Air Terjun Cunca Antar, Wisata Alam Tersembunyi di Manggarai Timur NTT

"Kami menawarkan hal-hal unik untuk diperkenalkan kepada wisatawan mancanegara dan Nusantara. Kehidupan masyarakat petani diperkenalkan kepada wisatawan yang mengunjungi destinasi di desa tersebut," tutur Okalung.

Aktivitas menarik untuk turis asing

Okalung menjelaskan, turis asal Swiss bernama Dimitry dan Melania menikmati alam di kawasan wisata di Golo Loni. Mereka turun ke sawah untuk bergabung dengan petani menyiangi rumput.

Turis asal Swiss bergabung dengan petani untuk menyiangi rumput di areal persawahan, Jumat, (2/9/2022) sambil berwisata di.Air Terjun Cunca Caru dan destinasi lainnya di Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT. (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI-Yohanes Okalung)KOMPAS.COM/DOK-Desa Golo Loni/Kades Golo Loni-Yohanes Okalung Turis asal Swiss bergabung dengan petani untuk menyiangi rumput di areal persawahan, Jumat, (2/9/2022) sambil berwisata di.Air Terjun Cunca Caru dan destinasi lainnya di Desa Golo Loni, Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT. (KOMPAS.com/DOK KADES GOLO LONI-Yohanes Okalung)

Mereka juga mengunjungi air terjun Cunca Caru, mengunjungi kolam ikan air tawar, dan duduk di pondok di tengah sawah sambil menikmati hidangan lokal. Beberapa bulan lalu, turis asal Jerman juga menanam anakan bambu di lokasi wisata.

Baca juga: Tradisi Penti, Cara Orang Manggarai Raya NTT Syukuri Hasil Panen

"Kami perlahan-lahan terus mempromosikan keunikan destinasi wisata di Desa Golo Loni. Kabar gembira bahwa Pokdarwis sudah memiliki akta notaris dari Kemenkumham RI, sehingga aktivitas wisatanya legal dengan memiliki kekuatan hukum, " jelasnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Okalung menjelaskan, hari ini, Rabu, (3/9/2022), turis asal Philipina dan Australia mengunjungi destinasi wisata Golo Loni. Wisatawan itu bermalam di homestay di desa tersebut. Wisatawan asal Filipina dan Australia berwisata di destinasi river Tubbing.

"Kami terus belajar dengan masukan dari wisatawan sudah mengunjungi destinasi wisata Desa Golo Loni yang berada dipinggir jalan Transflores, NTT," jelasnya.

Alexandra Ananda Pemberlakuan kenaikan tarif masuk Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+