Kompas.com - 03/09/2022, 17:13 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 477.000 atau tepatnya 476.970 wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Indonesia pada Juli 2022.

"Ini tertinggi sejak periode awal pandemi, jadi ini kabar menggembirakan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam keterangan resminya melalui kanal YouTube BPS Statistics, Kamis (1/9/2022).

Baca juga:

"Sering saya sampaikan ini penting karena wisatawan memberikan efek ganda yang besar dalam perekonomian. Jadi dengan membaiknya pariwisata, kita juga bisa berharap bisa memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi di Indonesia," tambahnya.

Jika angka tersebut dibandingkan dengan bulan Juni 2022, maka tercatat peningkatan sebesar 38,08 persen. Sementara itu, bila dibandingkan dengan bulan Juli 2021 maka tercatat kenaikan sebesar 6.396,46 persen.

Baca juga: Promosikan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Luncurkan WonderVerse Indonesia

Margo melanjutkan, grafik kunjungan wisman menunjukkan peningkatan dari bulan ke bulan.

Hal ini sejalan dengan pemulihan atau mobilitas penduduk karena penanganan Covid-19 semakin bagus, dan tingkat kepercayaan global terhadap Indonesia juga semakin baik.

Ilustrasi wisatawan mancanegara yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, Jumat (4/3/2022).Dok. PT AP I Ilustrasi wisatawan mancanegara yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, Jumat (4/3/2022).

Secara kumulatif dari bulan Januari hingga Juli 2022, jumlah kunjungan wisman mencapai 1,2 juta atau 1.220.180 kunjungan. Bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021, maka terdapat peningkatan sebesar 1.434,39 persen.

"Namun demikian, kalau dibandingkan (dengan) periode tahun 2020 atau periode-periode sebelumnya, capaian ini masih jauh tertinggal. Artinya belum pulih sepenuhnya kalau dibandingkan dengan masa sebelum pandemi Covid-19," ujarnya.

Baca juga: 5 Negara Sumbang Kunjungan Wisman Terbanyak ke Indonesia pada Mei 2022

Paling banyak masuk lewat Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Margo menyebutkan tiga pintu masuk ke Indonesia yang paling banyak menerima kunjungan pada bulan Juli 2022. 

Di peringkat pertama ada Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali dengan 246.442 kunjungan. 

Kemudian di peringkat selanjutnya ada Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Banten dengan 119.179 kunjungan.

"Yang ketiga pintu masuk dari Batam di mana pada Juli 2022 sebanyak 56.610 kunjungan," tuturnya.

Baca juga: Jumlah Kunjungan Wisman Naik Hampir 2.000 Persen pada Juni 2022 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.