Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan ke Labuan Bajo Dinilai Turun meski Tarif Baru TN Komodo Ditunda

Kompas.com - 03/09/2022, 18:08 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Penerapan tarif baru ke Taman Nasional (TN) Komodo ditunda hingga Januari 2023, namun hal ini dinilai tidak berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua Asosiasi Tour Travel Indonesia (Astindo) Labuan Bajo, Ignasius Suradin, mengatakan bahwa sejauh yang mereka alami dan amati di lapangan, jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo cenderung menurun.

Baca juga:

"Mungkin, pertama, wisatawan pada awal-awal wacana pemberlakuan tarif baru ke TN Komodo pada Agustus ini, ribuan wisatawan cancel trip (batalkan perjalanan) ke Labuan Bajo. Jadi sekarang ini, belum ada informasi penambahan atau peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo," kata Ignasius saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/9/2022) siang.

Ia melanjutkan, penurunan angka kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo juga disebabkan mahalnya harga tiket pesawat.

Baca juga: Meluruskan Kebijakan Tarif Masuk Taman Nasional Komodo

Pulau Padar merupakan salah satu wilayah di Taman Nasional Komodo yang akan diterapkan pembatasan pengunjung. Zintan Prihatini/KOMPAS.com Pulau Padar merupakan salah satu wilayah di Taman Nasional Komodo yang akan diterapkan pembatasan pengunjung.

Selain itu, kata dia, belum adanya kepastian bahwa tanggal 1 Januari 2023 mendatang, tarif masuk ke TN Komodo masih normal atau naik.

"Ini yang ditakut-takuti. Dengan informasi kenaikan harga tiket itu semua serba membingungkan," ujarnya.

Baca juga: Tarif Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Berlaku Januari 2023, Kemenparekraf: Sambil Dikomunikasikan

Meski sementara ini harga tiket ke TN Komodo masih normal, tetapi menurutnya tamu sudah telanjur membatalkan kunjungannya. Sehingga dikhawatirkan mereka tidak akan menjadwalkan ulang atau reschedule kunjungannya.

"Jadinya, sekarang ini tamu cenderung sepi," tuturnya.

Baca juga: Taman Laut 17 Pulau Riung, Tempat Alternatif Lihat Komodo yang Murah

Untuk diketahui, Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) berada di Labuan Bajo, sedangkan TN Komodo terdiri dari tiga pulau besar ditambah pulau-pulau kecil lainnya.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (8/8/2022), tarif masuk ke TN Komodo, tepatnya ke Pulau Komodo dan Pulau Padar, berencana naik menjadi Rp 3,75 juta pada Januari 2023. Awalnya kenaikan ini rencananya diterapkan pada Agustus 2022, namun kemudian ditunda.

Baca juga: Loh Buaya di Pulau Rinca TN Komodo Bisa Tampung 1.000 Wisatawan per Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com