Kompas.com - 03/09/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Uji coba pembukaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, rencananya diadakan mulai Oktober 2022. Snowbay Waterpark termasuk wahana yang turut direnovasi.

Dulu, Snowbay Waterpark TMII merupakan tempat rekreasi air bagi keluarga, lengkap dengan kolam renang dan aneka spot foto. Tempat ini kini diubah menjadi elevated parking (tempat parkir bertingkat) untuk mobil. 

Baca juga: Uji Coba Pembukaan TMII Diadakan Oktober 2022, Harga Tiket Tak Berubah

"Di dalam nanti sudah tidak boleh ada kendaraan emisi karbon, sehingga pengunjung yang datang itu nanti akan tersentralisir mobilnya di elevated parking," ujar Direktur Eksekutif TMII, Emilia Nur Utami kepada Kompas.com, Rabu (31/08/2022).

Semua mobil nantinya wajib parkir di elevated parking ini. Pengunjung pun akan bisa menjelajahi TMII dengan berjalan kaki atau naik sepeda.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, Rabu, telah dibuat jalur khusus pesepeda di tempat wisata tersebut.

Baca juga:

Emilia melanjutkan, di kawasan TMII akan disediakan penyewaan mobil listrik keliling atau electric vehicle (EV). Kendaraan yang menimbulkan emisi karbon tidak akan diizinkan masuk ke area TMII. 

Jalur pesepeda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Rabu (31/8/2022).KOMPAS.com/Viona Pricilla Jalur pesepeda di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Rabu (31/8/2022).

Adapun terdapat empat pilar bisnis yang diusung oleh pihak pengelola TMII, menjelang periode uji coba dan pembukaan operasional secara penuh pada 1 Januari 2023.

Empat pilar yang dimaksud adalah inklusif, green, culture, dan smart.

Baca juga:

Penerapan jalur pesepeda, elevated parking, dan kendaraan EV ini bagian dari pilar green. Pilar inilah yang mendorong pembangunan TMII agar ramah lingkungan dengan ruang terbuka luas.

"Ini semua 70 persen adalah open space (ruang terbuka) dan 30 persennya bangunan, sehingga semua yang masuk tidak boleh ada emisi karbon," jelas Emilia.

Baca juga: Sandiaga Uno: TMII Sedang Ditata Ulang untuk Hadirkan Wajah Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.