Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2022, 06:03 WIB

KOMPAS.com - Maskapai China Airlines telah melayani rute Taiwan-Bali secara reguler, ditandai dengan mendaratnya pesawat rute tersebut di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Jumat (2/9/2022) sore. 

"Dengan kembali beroperasinya penerbangan China Airlines yang menghubungkan Taiwan dengan Bali, kini jumlah rute penerbangan yang terhubung dengan Bali menjadi sebanyak 22 rute," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Minggu (4/9/2022).

Baca juga:

Pesawat dengan nomor penerbangan CI771 ini mendarat di Bali pukul 15.00 Wita. Armada ini mengangkut 163 penumpang, setelah terbang selama 5,5 jam. 

Selanjutnya, pesawat yang sama terbang kembali ke Bandara Taoyuan, Taiwan, pada hari yang sama pukul 16.21 Wita. Pesawat ini bernomor penerbangan C1772. 

China Airlines rute Taiwan-Bali dijadwalkan beroperasi dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa dan Jumat.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Bali, Cocok untuk Libur Panjang 

Salah satu penumpang pesawat China Airlines yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Jumat (2/9/2022).Dok. Angkasa Pura I Salah satu penumpang pesawat China Airlines yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Jumat (2/9/2022).

"Penerbangan ini juga menambah jumlah maskapai yang melayani penerbangangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi sebanyak 24 maskapai penerbangan," tutur Faik.

Ia menambahkan bahwa pada tahun 2019 lalu, tercatat ada sekitar 50 rute penerbangan internasional dan 35 maskapai penerbangan internasional yang beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

Baca juga:

"Angka inilah yang minimal menjadi target kami, sehingga pariwisata Bali dapat kembali bangkit, sehingga dapat menyumbang terhadap pemulihan ekonomi Bali dan nasional," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum pandemi Covid-19 melanda, bandara ini telah melayani 231.525 wisatawan mancanegara (wisman) asal Taiwan periode tahun 2019. Rinciannya, ada 116.099 wisman asal Taiwan yang mengunjungi Bali, dan 115.426 wisman asal Taiwan yang terbang meninggalkan Pulau Dewata.

Baca juga: 6 Tempat Melihat Sunset di Bali, Ada yang Terbaik di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+