Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2022, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Bandara Changi Singapura akan membuka kembali Terminal 4 (T4) mulai Selasa (13/9/2022). Terminal ini berkapasitas hingga 16 juta penumpang per tahunnya, sehingga memungkinkan maskapai untuk menambah penerbangan ke depannya.

"Pembukaan kembali T4 akan melengkapi Bandara Changi dengan kapasitas yang cukup dibutuhkan untuk melayani partner maskapai penerbangan kami, sehingga bisa berkembang dan turut serta dalam pemulihan perjalanan, sekaligus mendukung bisnis dan kebutuhan operasional mereka," jelas Executive Vice President of Airport Management Changi Airport Group, Tan Lye Teck, dikutip dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (25/7/2022).

Baca juga:

Adapun uji coba bersama maskapai telah dilakukan sejak bulan Mei 2022, guna memastikan kelancaran pembukaan nantinya. 

Terkait pembukaan ini, berikut sejumlah fakta soal Terminal 4 Bandara Changi Singapura yang telah Kompas.com rangkum, Senin (5/9/2022):

5 fakta Terminal 4 Bandara Changi di Singapura

1. Melayani penerbangan pertama dari Cathay Pacific

Ilustrasi pesawat Cathay Pacific.pixabay.com/b1-foto Ilustrasi pesawat Cathay Pacific.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin, terminal ini akan melayani 16 maskapai penerbangan secara bertahap. Di antaranya Cathay Pacific, Korean Air, Cebu Pacific, dan Vietnam Airlines. 

Penerbangan pertama yang akan mendarat di Terminal 4 pada hari pembukaan kembali adalah Cathay Pacific. Pesawat bernomor penerbangan CX739 ini akan tiba dari Hong Kong pukul 15.05 waktu setempat.

Penerbangan kembali ke Hong Kong dari Cathay Pacific juga menjadi keberangkatan pertama dari terminal ini. Pesawat bernomor penerbangan CX716 akan berangkat pukul 18.00 waktu setempat.

Sementara itu, penumpang yang naik pesawat Korean Air (KE646) ke Seoul (Bandara Internasional Incheon) dijadwalkan terbang pukul 01.10 waktu setempat pada hari yang sama. Namun, penerbangan tersebut berangkat di Terminal 1.

Adapun fasilitas check-in di Terminal 4 akan dibuka pukul 14.00 waktu setempat. 

Baca juga: Cara Mudah ke Jewel Changi Singapura dari Terminal 3

2. Dilengkapi fasilitas serba canggih

Area kedatangan di Terminal 4 Bandara Changi Singapura.Dok. Changi Airport Group Area kedatangan di Terminal 4 Bandara Changi Singapura.

Terminal 4, yang sebelumnya pernah dibuka pada tahun 2017, dilengkapi fasilitas otomatisasi canggih dari proses check-in hingga boarding

Pada tahun 2018, terminal ini memenangkan penghargaan President's Design Award Singapore atas desain ulangnya yang inovatif. 

Selain itu, fasilitas proses check-in Fast And Seamless Travel (FAST) juga mendapat penghargaan dari Techblazer Award, khususnya terkait pengadopsian teknologi untuk Bandara Pintar (Smart Airport).

Baca juga: Mengintip Lounge Eksklusif Baru Singapore Airlines di Bandara Changi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+