Kompas.com - 05/09/2022, 11:04 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Agustus 2022 disebut menurun drastis jika dibandingkan dengan bulan Juli lalu.

"Turun jauh. Antara Juli dan Agustus itu selisih 7.000 lebih wisatawan," jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut, saat dihubungi, Senin (5/9/2022).

Baca juga:

Ia menjelaskan, pada Juli 2022 terdapat 25.770 wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. Angka tersebut menurun hingga 19.710 wisatawan pada Agustus 2022.  

Menurutnya, penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo diduga disebabkan oleh penerapan tarif tiket baru ke Taman Nasional Komodo, yang rencnananya berlaku mulai Januari 2023, dan mahalnya harga tiket pesawat.

Baca juga: Batik Air Buka Rute Bali-Labuan Bajo Mulai 1 September 2022

Pulau Padar merupakan salah satu wilayah di Taman Nasional Komodo yang akan diterapkan pembatasan pengunjung. Zintan Prihatini/KOMPAS.com Pulau Padar merupakan salah satu wilayah di Taman Nasional Komodo yang akan diterapkan pembatasan pengunjung.

"Dua persoalan ini yang diduga memicu menurunnya arus kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo," katanya.

Terkait kondisi itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga:

"Kita terus gencar promosi Labuan Bajo ke dunia luar," tuturnya.

Ia pun berharap, harga tiket pesawat segera turun sehingga pada September 2022 ini, arus wisatawan yang ke Labuan Bajo kembali ramai seperti sebelumnya.

Baca juga: Komunikasi Jadi Kunci Upaya Pariwisata Berkelanjutan di Labuan Bajo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.