Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang G20, Kesiapan Hotel di Bali Hampir 100 Persen

Kompas.com - 06/09/2022, 06:36 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesiapan hotel untuk akomodasi dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bulan November 2022 sudah mencapai 99,5 persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, dirinya bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan turut memantau langsung kesiapan hotel yang akan digunakan para delegasi. 

"Kami melihat bukan hanya kesiapan akomodasi tapi juga untuk penggunaan mobil listrik dan kendaraan listrik, serta stasiun pengisian untuk listrik di kawasan Nusa Dua (Bali) dan sekitarnya," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf secara daring, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Keindahan Tenun Gringsing Bali, Hadiah untuk Delegasi KTT G20

Sandiaga menjelaskan, persiapan ini juga akan digunakan untuk menuju transformasi ekonomi hijau, mendorong transformasi digital, serta memperkuat arsitektur kesehatan global (global health architecture).

Pada acara puncak, pemerintah akan mengundang sejumlah pembicara, termasuk CEO Tesla Elon Musk CEO Tesla dan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman.

"Ada Elon Musk dan juga Muhammad bin Salman dari Arab Saudi, ia akan menceritakan transformasi ekonomi Saudi Arabia yang tahun ini memuncaki segi pertumbuhannya," tutur Sandiaga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Di sisi lain, pemerintah menekankan agar pelaksanaan G20 turut memberi dampak langsung bagi masyarakat.

Baca juga: Delegasi G20 Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran di Bali

Terutama, untuk peningkatan omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan produk dan jasa yang akan dihadirkan sebagai suvenir, atau produk yang akan dikonsumsi oleh para delegasi G20.

"Ini yang menurut kami sangat luar biasa. Tadi saya baru selesai mendampingin Bapak Presiden dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos yang memberikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia sebagai presidensi G20 tahun ini," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com