Kompas.com - 07/09/2022, 14:42 WIB

KOMPAS.com - Selain menikmati suasana alam yang indah, mampir ke tempat melihat sunrise di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa memberikan pengalaman tak terlupakan.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Gunungkidul, Arif Aldian, mengatakan ada beberapa alternatif tempat melihat sunrise alias matahari terbit di kabupaten dengan ibu kota Wonosari ini.

"Untuk tempat melihat sunrise, rekomendasi saya di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Ireng, Hutan Turunan watu Payung, dan Gunung Gambar,” ujar Arif kepada Kompas.com, Senin (05/09/2022).

Baca juga:

Berikut beberapa rekomendasi tempat melihat sunrise di Gunungkidul yang sudah Kompas.com rangkum. 

Tempat melihat sunrise di Gunungkidul

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, salah satu tempat melihat sunrise di Gunungkidul, Yogyakarta.Shutterstock/Berta Alviyanto Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, salah satu tempat melihat sunrise di Gunungkidul, Yogyakarta.

Gunung Api Purba merupakan sebutan bagi sebuah fosil gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi atau telah mati. 

Lokasinya ada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Diperkirakan gunung ini berusia sekitar 60-70 juta tahun.

Baca juga: 5 Atraksi Menarik Desa Nglanggeran, Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 UNWTO

Gunung Api Purba Nglanggeran memiliki puncak bernama Gunung Gede, yang kerap dituju wisatawan sebagai tempat melihat sunrise di Gunungkidul.

Sesampainya di sana, diperlukan waktu sekitar 40 menit pendakian untuk mencapai puncak gunung.

Selain untuk sunrise, gunung ini juga menjadi salah satu tempat pendakian andalan.

Sebab, ketinggiannya hanya sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga tidak terlalu berat bagi pendaki pemula.

Baca juga: Desa Nglanggeran, Wisata Lengkap dari Gunung Api Purba sampai Air Terjun

2. Gunung Ireng

Gunung Ireng, salah satu tempat melihat sunrise di Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Ireng, salah satu tempat melihat sunrise di Gunungkidul, Yogyakarta.

Rekomendasi tempat melihat sunrise di Gunungkidul lainnya adalah wisata Gunung Ireng. Jaraknya cukup dekat dengan Kota Yogyakarta, atau sekitar 25 kilometer.

Lokasi tepatnya di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Gunung ini juga mudah untuk dijangkau. Sebab, Gunung Ireng merupakan bukit dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pengunjung hanya perlu berjalan kaki dari area parkir hingga puncak selama sekitar lima menit, bukan pendakian yang melelahkan. Selain itu, akses jalannya mudah dan tidak licin, seperti dikutip Kompas.com

Baca juga:

Untuk berburu sunrise, datanglah pagi hari usai subuh untuk sebagai waktu terbaik. Jika beruntung, pengunjung bisa menemukan lautan kabut sebelum momen sunrise dimulai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.