Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Wisata Sehari di Goa Pindul Gunungkidul, Bisa Susur Goa

Kompas.com - 08/09/2022, 08:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul menawarkan aktivitas susur gua maupun bermain di air terjun yang indah. Wisatawan juga bisa mendatangi beberapa tempat sekaligus.

"Di sini ada beberapa paket wisata, susur Goa Pindul saja Rp 50.000, river tubing Oyo Rp 60.000, dan lainnya. Tapi yang paling favorit itu susur Goa Pindul," jelas pemandu di operator Wirawisata Goa Pindul, Sugito, kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2022).

Baca juga:

Goa Pindul terletak di Jalan Gelaran 2, RT.03/RW.16, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tempat wisata alam ini berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, dan dapat ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih 1 jam 20 menit.

Kawasan Goa Pindul sendiri didominasi oleh wisata gaa dan sungai. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyiapkan pakaian ganti jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Baca juga:

Untuk diketahui, beberapa kegiatan di bawah bisa diikuti melalui paket wisata yang sudah disediakan oleh operator, salah satunya Wirawisata Goa Pindul.

Namun, kamu bisa juga merancang sendiri rencana perjalananmu di sekitar Gunungkidul. Jika ingin berwisata seharian di Goa Pindul dan sekitarnya, berikut ide itinerary yang bisa diikuti:

Susur Goa Pindul

Jalur masuk wisata Goa Pindul di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Jalur masuk wisata Goa Pindul di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Setibanya di lokasi pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB, kamu bisa langsung menuju basecamp Wirawisata Goa Pindul, kemudian menitipkan barang-barang berharga dan berganti baju.

Setelah siap memakai pelampung dan peralatan lainnya, kamu bisa berjalan kaki sekitar 150 meter menuju pintu masuk Goa Pindul.

Baca juga: Harga Paket Wisata Goa Pindul, Susur Tiga Goa Mulai Rp 150.000

Wisata ini merupakan kegiatan menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Selama menyusuri gua dengan ban, kamu bisa melihat stalagmit dan stalaktit yang menawan.

Adapun Goa Pindul terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona terang, zona remang-remang, dan zona gelap. Di akhir perjalanan, pengunjung dibebaskan untuk berenang di sungai dan berfoto-foto di spot yang menarik.

Memiliki panjang 350 meter, aktivitas susur Goa Pindul membutuhkan durasi 45 menit hingga satu jam. Biaya susur Goa Pindul untuk wisatawan nusantara (wisnus) mulai dari Rp 50.000 per orang. 

Baca juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com