Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Elizabeth II Meninggal, 6 Anggota Kerajaan Terima Gelar Baru

Kompas.com - 09/09/2022, 13:01 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wafatnya Ratu ELizabeth II pada Kamis (8/9/2022) menandai era baru di keluarga kerajaan Inggris.

Selain Pangeran Charles yang naik takhta menjadi Raja Inggris Raya dan Persemakmuran, anggota kerajaan lainnya juga akan menerima gelar baru.

Inilah sejumlah perubahan gelar Keluarga Kerajaan Inggris setelah wafatnya sang ratu, seperti dikutip dari laman Fox News, Kamis (8/9/2022).

1. Pangeran Charles

Pangeran Charles mewarisi gelar mendiang ayahnya Pangeran Philip Duke of Edinburgh, setelah wafatnya Philip tahun 2021.

Pangeran Charles jadi Raja Charles III setelah Ratu Elizabeth II wafat.Repro bidik layar via Instagram Pangeran Charles jadi Raja Charles III setelah Ratu Elizabeth II wafat.

Setelah Pangeran Charles naik takhta pada Kamis, Perdana Menteri Liz Truss mengonfirmasi gelar barunya dalam pidato menghormati sang ratu di luar Downing Street.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Lagu Kebangsaan Inggris Kembali Jadi God Save The King

"Hari ini mahkota itu diberikan, seperti yang telah terjadi selama lebih dari 1.000 tahun, kepada raja baru kita, kepala negara kita yang baru, Yang Mulia Raja Charles III," kata Truss.

2. Pangeran Edward

Selain gelarnya sebagai Earl of Wessex, Pangeran Edward dinobatkan sebagai Earl of Forfar oleh Ratu Elizabeth pada ulang tahunnya yang ke-55, tahun 2019.

Pangeran Edward, Earl of Wessex, dan istrinya Sophie, Countess of Wessex, tiba untuk kebaktian syukur atas pemerintahan Ratu Elizabeth II di Katedral St Paul di London, Jumat, 3 Juni 2022 pada hari kedua dari empat hari perayaan untuk menandai Yubileum Platinum. AP PHOTO/MATT DUNHAM Pangeran Edward, Earl of Wessex, dan istrinya Sophie, Countess of Wessex, tiba untuk kebaktian syukur atas pemerintahan Ratu Elizabeth II di Katedral St Paul di London, Jumat, 3 Juni 2022 pada hari kedua dari empat hari perayaan untuk menandai Yubileum Platinum.

Namun, Raja Charles III dapat mewariskan gelar Duke of Edinburgh yang disandangnya, kepada adiknya.

Meski begitu, para pakar kerajaan mengatakan bahwa kemungkinan di atas bisa saja tidak terwujud, lantaran Charles telah lama membicarakan rencananya untuk merampingkan struktur keluarga kerajaan dengan makin sedikit anggota kerajaan senior yang bekerja.

3. Pangeran William dan Kate Middleton

Sebelum ratu wafat, gelar resmi Pangeran William dan istrinya Kate Middleton adalah Duke and Duchess of Cambridge.

Kate Middleton tengah mendampingi Pangeran William ketika menghadiri Service of Thanksgiving di Geereja Katedral ST. Paul.Repro bidik laayar via Instagram @dukeandduchessofcambridge Kate Middleton tengah mendampingi Pangeran William ketika menghadiri Service of Thanksgiving di Geereja Katedral ST. Paul.

Pasangan itu sekarang akan dikenal sebagai Duke and Duchess of Cornwall and Cambridge. Perubahan ini dikonfirmasi dengan penggantian nama akun media sosial resmi mereka.

Mengutip Wales Online, Kamis (8/9/2022), Duke and Duchess of Cornwall adalah gelar yang secara tradisional diberikan kepada putra tertua penguasa Inggris dan istrinya.

Baca juga: Makam Ratu Elizabeth II: King George VI Memorial Chapel

Selain itu, mereka juga otomatis menjadi Pangeran dan Putri Wales, gelar yang disandang oleh Charles dan almarhum ibunya, Diana.

4. Camilla Parker Bowles

Istri kedua Raja Charles III, Camilla Parker Bowles juga mendapat gelar baru. Kini Camellia menyandang gelar Queen Consort atau permaisuri dari yang sebelumnya bergelar Duchess of Cornwall.

Setelah Camilla menikahi Charles pada tahun 2005, diumumkan bahwa dia akan mengambil gelar permaisuri ketika pasangannya menjadi raja, sekaligus otomatis menjadi Princess of Wales.

Ratu Elizabeth II (kiri) bersama Camilla Duchess of Cornwall saat tiba di hari kedua pertemuan balap kuda Royal Ascot di Inggris, 19 Juni 2019.AP PHOTO/ALASTAIR GRANT Ratu Elizabeth II (kiri) bersama Camilla Duchess of Cornwall saat tiba di hari kedua pertemuan balap kuda Royal Ascot di Inggris, 19 Juni 2019.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com