Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Destinasi Favorit Ratu Elizabeth II, Ada Afrika Selatan dan Malta

Kompas.com - 09/09/2022, 20:38 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah bertakhta selama tujuh dekate, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada hari Kamis (8/9/2022) waktu setempat di Kastel Balmoral, Skotlandia. 

Sang ratu dikenal sebagai pemegang takhta yang paling lama memerintah, sekaligus anggota kerajaan Inggris yang paling sering bepergian dalam sejarah. Dilansir dari cntraveller.com, Jumat (9/9/2022), Ratu Elizabeth II diketahui telah berkunjung ke 117 negara berbeda selama masa pemerintahannya.

Baca juga:

Dari sekian banyak destinasi tersebut, ada beberapa destinasi di seluruh dunia yang dinilai memiliki tempat khusus di hatinya. Mulai dari hotel di Kenya tempat ia pertama kali mengetahui tentang kematian ayahnya, hingga hutan belantara di pedesaan.

Simak daftar tempat-tempat yang memiliki memori khusus bagi Ratu Elizabeh II berikut ini.

Daftar destinasi favorit Ratu Elizabeth II

1. St Mawes, Cornwall, Inggris

Ilustrasi St. Mawes di Cornwall, Inggris, salah satu destinasi favorit Ratu Elizabeth II.Dok. UNSPLASH/Philip Auld Ilustrasi St. Mawes di Cornwall, Inggris, salah satu destinasi favorit Ratu Elizabeth II.

Daerah tepi laut di pantai selatan Cornwall ini terkenal akan pondok-pondok bercat putih dan pelabuhan. Di tempat ini, Ratu Elizabeth II kerap menghabiskan waktu liburan dulu.

Pada zaman dahulu, Ratu Elizabeth II dan Putri Margaret pergi bersama ibu mereka, Permaisuri Elizabeth Bowes-Lyon, desa nelayan ini. Dikutip dari hellomagazine.com, mereka bertamasya dengan naik kapal Royal Yacht Britannia. 

Baca juga: Makam Ratu Elizabeth II: King George VI Memorial Chapel

Keluarga kerjaan ini kerap tinggal di Penolva, properti terpencil di tepi laut di jantung Cornish Riviera yang dibangun oleh teman dekat Permaisuri, Dick Wilkins, pada tahun 1960-an.

Rumah ini menawarkan pemandangan laut 180 derajat dan akses langsung ke laut melalui slipway (landasan untuk galangan kapal) pribadi.

Sebagai informasi, saat ini, wisatawan bisa menyewa rumah tersebut melalui St Mawes Retreats.

Baca juga: Rumah Milik Ratu Elizabeth II di Sandringham Disewakan Mulai Rp 6 Juta

2. Afrika Selatan

Ilustrasi Cape Town di Afrika Selatan, salah satu destinasi favorit Ratu Elizabeth II.Dok. UNSPLASH/Marlin Clark Ilustrasi Cape Town di Afrika Selatan, salah satu destinasi favorit Ratu Elizabeth II.

Sesungguhnya Ratu Elizabeth II muda jarang bepergian dan bahkan, ketika berusia sekitar 20 tahun, ia tidak pernah meninggalkan Inggris.

Namun, pada Februari 1947 atau beberapa bulan sebelum pernikahannya dengan Pangeran Philip, ayahnya yaitu Raja George VI mengumumkan bahwa mereka sekeluarga akan pergi ke Afrika Selatan.

Menurut buku Queen Elizabeth II: Her Life in Our Times karya Sarah Bradford, perjalanan tersebut memiliki kesan mendalam pada dirinya.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Operation London Bridge Dilaksanakan

Keluarga kerajaan tiba di Cape Town untuk perjalanan dua bulan melintasi Afrika Selatan, dan menghabiskan 35 malam di kereta khusus kerajaan. Ia juga berulang tahun yang ke-21 tahun saat berkunjung ke Afrika Selatan. 

Sebagai informasi, selama bertakhta, Ratu Elizabeth II juga beberapa kali mengunjungi sejumlah negara di Afrika, dilansir dari dw.com.

Baca juga: 7 Hal yang Berubah Setelah Ratu Elizabeth II Meninggal

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com