Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Destinasi di Indonesia yang Dikunjungi Ratu Elizabeth II, Ada Bali

Kompas.com - 09/09/2022, 22:42 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II mengembuskan napas terakhir pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat di Kastel Balmoral, Skotlandia. Pada masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II ternyata pernah berkunjung ke Indonesia pada tahun 1974 silam.

Bersama suaminya, Pangeran Philip, sang ratu melakukan kunjungan ke Bali, Yogyakarta, dan Jakarta pada bulan Maret 1974, dengan kapal pesiar kerajaan The Royal Yacht Britain dan pesawat udara.

Baca juga:

Berikut adalah tiga tempat yang sempat dikunjungi mendiang ratu bersama suaminya.

Tempat di Indonesia yang dikunjungi Ratu Elizabeth II

1. Jakarta

Ratu Elizabeth II dari Inggris berbincang-bincang dengan Presiden dan Ny Tien Soeharto dalam kunjungannya ke Jakarta 18 Maret 1974.Harian Kompas Ratu Elizabeth II dari Inggris berbincang-bincang dengan Presiden dan Ny Tien Soeharto dalam kunjungannya ke Jakarta 18 Maret 1974.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip berkunjung ke Jakarta pada Maret 1974 setelah melakukan perjalanan dari Bali, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Menurut informasi akun Instagram Museum Kesejarahan, Jumat (9/9/2022), lawatan sang ratu dan pangeran di Jakarta ini disambut meriah dengan penampilan ondel-ondel dan tanjidor. 

Keduanya disambut oleh Presiden Soeharto dan Tien Soeharto, beserta Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dan tokoh budaya Indonesia, Soedarmadji Jean Henry Damais. 

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip juga menjadi tamu kenegaraan pertama Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Baca juga: 

Dilansir dari Kompas.id, Jumat, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip diajak mengunjungi beberapa tempat di Ibu Kota, antara lain Kota Tua, Monumen Nasional (Monas), dan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Adapun Kota Tua, atau yang dikenal sebagai kawasan Batavia lama, merupakan sebuah kawasan di Ibu Kota yang kental akan nuansa Eropa.

Wisatawan bisa menikmati sederet bangunan kuno dan situs bersejarah, antara lain Museum Fatahillah, Menara Syahbandar, Taman Fatahillah, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Baca juga: Itinerary Seharian di Kota Tua Jakarta, dari Sunda Kelapa ke Museum Fatahillah

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com