Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata Alam di Bukittinggi, Bertualang di Air Terjun

Kompas.com - 11/09/2022, 17:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Wisata Bukittinggi, Sumatera Barat, tak melulu soal Jam Gadang dan sekitarnya, tetapi ada juga beragam wisata alam yang bisa dijelajahi.

Mengeksplorasi wisata alam Bukittinggi sambil menikmati udaranya yang sejuk menjadi kegembiraan tersendiri bagi sebagian orang.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu berencana pelesir ke Sumatera Barat, mampir ke salah satu, atau beberapa, wisata alam Bukittinggi berikut bisa jadi pilihan menarik.

Tempat wisata alam di Bukittinggi

1. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok, salah satu tempat wisata alam di Bukittinggi dan sekitarnya.SHUTTERSTOCK Ngarai Sianok, salah satu tempat wisata alam di Bukittinggi dan sekitarnya.

Ketika bicara soal wisata alam Bukittinggi dan sekitarnya, Ngarai Sianok mungkin jadi destinasi pertama yang melintas di pikiran.

Dikutip dari portal resmi Provinsi Sumatera Barat, Ngarai Sianok merupakan lembah yang dikelilingi bukit-bukit bertebing curam serta aliran sungai kecil di tengahnya. Lokasinya berada di pinggiran Kota Bukittinggi.

Konktur lembah terbentuk dari proses turunnya sebagian lempengan bumi, sehingga membentuk patahan berwujud jurang yang curam dengan kendalaman tebing sekitar 100 meter dan lebah celah sekitar 200 meter.

Baca juga: Panduan Naik Jip Menyusuri Ngarai Sianok, Harga dan Rutenya

Meski kedengarannya agak mengerikan, namun Ngarai Sianok menyuguhkan panorama alam yang begitu memukau dengan panorama Gunung Singgalang yang menjulang megah di belakangnya.

Pada pagi hari, pemandangan di sana sangat indah, terutama ketika sinar matahari menembus kabut yang menutupi lembah-lembahnya.

Di sana, kita bisa melakukan aktivitas seperti trekking, bersepeda gunung, jalan ringan, atau menjajal off-road jika ingin sesuatu yang lebih menantang.

2. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai, salah satu tempat wisata alam di Bukittinggi dan sekitarnya.SHUTTERSTOCK/KIWIGRAPHY STUDIO Air Terjun Lembah Anai, salah satu tempat wisata alam di Bukittinggi dan sekitarnya.

Dikutip dari Kompas.com (20/05/2022), Air Terjum Lembah Anai adalah aliran air dari Gunung Singgalang dan Gunung Marapi yang menerobos Bukit Barisan. 

Air terjun ini merupakan konservasi Cagar Alam Lembah Anai atau berada di jalan utama Padang-Bukittinggi.

Dikutip dari Tribun Padang, salah satu destinasi wisata alam Bukittinggi ini bakal terlewati oleh pengendara yang hendak pergi ke Padang maupun Bukittinggi.

Biasanya, beberapa di antara pengendara berhenti sejenak di lokasi wisata Air Terjun Lembah Anai untuk menikmati keindahannya atau mengabadikan gambar.

Baca juga: Wisata Sejarah, Menyusuri Rumah Masa Kecil Bung Hatta di Bukittinggi

Untuk menuju Air Terjun Lembah Anai, pengunjung bisa berkendara sekitar 1,5 jam dari Bandara Udara Minangkabau Padang.

Di sepanjang perjalanan, kita akan melewati bukit-bukit dan jurang terjal, dengan pohon-pohon besar di sekelilingnya.

Sesampainya di kawasan tersebut, kita perlu menuruni sejumlah anak tangga dan turunan hingga sampai ke air terjun.

Meski begitu, perjalanan yang cukup panjang bakal terbayarkan dengan pemandangan indah yang disuguhkan oleh Air Terjun Lembah Anai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com