Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2022, 18:35 WIB

KOMPAS.com - Calon pelaku perjalanan yang ingin naik kereta api (KA) wajib membeli tiket terlebih dahulu, baik online (daring) maupun offline (luring). 

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) telah menawarkan beragam kanal pembelian tiket, termasuk melalui aplikasi dan e-commerce guna lebih memudahkan calon penumpang.

Baca juga: Mau Naik Kereta Api? Ini Cara Beli Tiket KA Offline dan Online

Sebelum membeli tiket, simak tips-tips berikut yang Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022):

Tips membeli tiket kereta api

1. Cek syarat perjalanan terbaru

Suasana penumpang kereta api di Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah. Rabu (18/5/2022)KOMPAS.com/Muchammad Dafi Yusuf Suasana penumpang kereta api di Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah. Rabu (18/5/2022)

Sebagai salah satu moda transportasi darat, kereta api terus memperbarui syarat perjalanannya mengikuti situasi pandemi Covid-19. Calon penumpang bisa melihatnya di situs web PT KAI, laman covid.go.id, aplikasi KAI Access, dan aplikasi PeduliLindungi.

Syarat perjalanan ini cukup penting karena berhubungan dengan kewajiban menunjukkan hasil tes Covid-19, sertifikat vaksinasi, dan ketentuan lainnya.

Baca juga: Naik Kereta Api Wajib Vaksin Booster, Mulai 30 Agustus

Aturan naik kereta api mulai 30 Agustus 2022, misalnya, mewajibkan calon penumpang berumur 18 tahun ke atas untuk memperoleh vaksin dosis ketiga (booster). Mereka juga tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen. 

Namun, bagi calon penumpang yang tidak bisa atau belum divaksinasi akibat kondisi kesehatan tertentu wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah. 

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Anak Usia 6-17 Tahun, Wajib Vaksin Kedua

2. Ketahui rentang waktu pemesanan tiket

Cara pesan tiket kereta api online dan offline dengan mudah, cara mendapatkan diskon tiket kereta api civitas dan alumni perguruan tinggiDOK. KAI Cara pesan tiket kereta api online dan offline dengan mudah, cara mendapatkan diskon tiket kereta api civitas dan alumni perguruan tinggi

Tiket kereta api bisa dipesan melalui berbagai cara, di antaranya loket di stasiun, situs web PT KAI di kai.id, aplikasi KAI Access, contact center 121, sejumlah toko ritel, dan platform e-commerce.

Umumnya setiap kanal menerapkan rentang waktu pemesanan yang berbeda. Dilansir dari laman resminya, pembelian melalui kai.id adalah untuk waktu keberangkatan H-30 sampai tiga jam sebelum keberangkatan KA.

Sementara itu, pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access dapat dilakukan H-90 sampai satu jam sebelum keberangkatan KA. Jangan lupa perhatikan pula batas waktu pembayarannya.

Baca juga: Bagaimana Pilih Kursi Kereta Api agar Tak Hadap Mundur?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+