Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Tebet Lereh di Sumatera Selatan, Andalkan Panorama Alam

Kompas.com - 14/09/2022, 16:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Tebat Lereh di Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam, menjadi satu-satunya desa wisata di Sumatera Selatan yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Kesan saya ke desa wisata ini seru banget dan menarik karena banyak kejutan yang menurut saya bisa ditampilkan sebagai daya tarik utama," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa (13/9/2022).

Baca juga:

Desa yang berada di area perbukitan ini punya sederet daya tarik mulai dari wisata alam, budaya, hingga wisata kuliner, yang digagas oleh para remaja setempat.

Salah satunya ialah Air Terjun Curup Napal Kuning yang tingginya sekitar delapan meter dari permukaan sungai. Air terjun ini dinamakan Napal Kuning lantaran jalanan yang dilalui untuk mencapai tempat ini berupa jalanan terjal nan licin yang tersusun dari tanah napal dan liat.

Wisatawan bisa mencapai air terjun ini dengan mengikuti paket wisata menggunakan kendaraan ATV.

Di samping itu, tersedia juga agrowisata karena sebagian besar penduduk di desa ini bermata pencaharian sebagai petani. Wisatawan pun bisa melihat langsung kegiatan bercocok tanam di Desa Tebat Lereh.

Baca juga: Pantai Labombo, Wisata Air di Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tebat Lereh di Sumatera Selatandokumentasi Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tebat Lereh di Sumatera Selatan

Saat berkunjung ke Desa Tebat Lereh, Menparekraf mengapresiasi masyarakat desa yang kompak dalam mengembangkan desa wisatanya.

Baca juga: Lion Air Buka 3 Rute PP Baru di Sumatera Selatan Mulai 4 September

"Jadi ini pariwisata berbasis masyarakat juga, masyarakatnya yang menopang, dan saya sangat mendukung terutama bagaimana mereka bisa melewati masa-masa sulit dengan ekonomi dengan kebersamaan, gotong royong ini dan saling kebersamaan terlihat sekali,” ujarnya.

Daya tarik Desa Wisata Tebat Lereh di Sumatera Selatandokumentasi Kemenparekraf Daya tarik Desa Wisata Tebat Lereh di Sumatera Selatan

Diharapkan, Pagar Alam dapat bekerja sama dengan Bengkulu Selatan guna pengembangan tempat wisata.

"Kita berharap Bengkulu Selatan bisa bersinergi karena destinasinya di sini, tapi harus ditopang oleh berbagai destinasi lainnya," tuturnya.

Baca juga: Desa Wisata Burai Sumatera Selatan, Andalkan Wisata Warna-warni dan Alam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com