Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Wisata Dekat Ledok Sambi Sleman, Ada The Lost World Castle

Kompas.com - 15/09/2022, 07:04 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Ledok Sambi di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan salah satu lokasi piknik dan kemah di pinggir sungai. 

Setelah puas menghabiskan waktu di Ledok Sambi, wisatawan masih bisa lanjut ke tempat wisata lainnya yang letaknya tidak terlalu jauh.

Baca juga:

Di bawah ini adalah rekomendasi beberapa tempat wisata dekat Ledok Sambi yang bisa didatangi:

Tempat wisata di dekat Ledok Sambi

1. Merapi Volcano Museum

Sisa-sisa bukti keganasan lava panas erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam, tersimpan di Museum Gunung Merapi, Yogyakarta.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Sisa-sisa bukti keganasan lava panas erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam, tersimpan di Museum Gunung Merapi, Yogyakarta.

Merapi Volcano Museum dikenal pula sebagai Museum Gunungapi Merapi dan Museum Gunung Merapi. 

Lokasinya di Jalan Kaliurang, Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya dari Ledok Sambi adalah 4,1-4,6 kilometer dengan durasi berkendara kira-kira 10 menit.

Wisatawan bisa menggali informasi seputar gunung berapi di tempat ini, termasuk tampilan letusan Gunung Merapi.

Museum ini buka dari hari Selasa hingga Minggu. Pada hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu, tempat wisata edukasi ini buka pukul 08.00-11.30 WIB serta 13.00-15.00 WIB. Pada hari Jumat, museum ini buka pukul 08.00-11.00 WIB serta 13.00-14.00 WIB.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ini Tunjukkan Dahsyatnya Erupsi Merapi

2. Desa Wisata Pentingsari

Kegiatan bercocok tanam yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta.Dokumentasi Desa Wisata Pentingsari Kegiatan bercocok tanam yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari, Yogyakarta.

Desa Wisata Pentingsari menawarkan sejumlah kegiatan untuk wisatawan, antara lain outbound, menanam padi, menginap di homestay, dan belajar aneka kesenian.

Alamatnya di Pentingsari, Kecamatan Umbulharjo, Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya dari Ledok Sambi adalah 5-7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 14 menit.

Desa Wisata Pentingsari telah mendapat banyak penghargaan, salah satunya masuk 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Baca juga: Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata Indonesia yang Mendunia

3. Nawang Jagad

Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad Nawang Jagad, Sleman, Yogyakarta DOK. Instagram.com/nawangjagad

Nawang Jagad menjadi salah satu area perkemahan di Kabupaten Sleman dengan konsep adventure camp.

"Nawang Jagad sendiri berasal dari Bahasa Jawa. Nawang artinya memandang, dan jagad artinya semesta," kata Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kaliurang Barat David Chandra kepada Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas, di antaranya menikmati pemandangan alam dan menyalakan api unggun. 

Nawang Jagad berada di Kaliurang, Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, DIY. Dari Ledok Sambi jaraknya 6-7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Baca juga: Nawang Jagad Kaliurang, Sensasi Berkemah di Lereng Merapi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com