Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Thailand Kini Tak Perlu Tes PCR dan Syarat Lainnya

Kompas.com - 16/09/2022, 14:17 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Liburan ke Thailand kini tak perlu menunjukkan hasil tes PCR atau antigen, maupun syarat masuk lainnya terkait pembatasan Covid-19.

Syarat ini berlaku bagi pelaku perjalanan yang sudah mendapatkan vaksin lengkap atau dosis kedua, serta booster atau dosis ketiga.

"Siapapun yang sudah divaksinasi penuh bisa ke Thailand tanpa pembatasan apapun," ujar Deputy Governor for International Marketing Asia and South Pacific Tourism Authority of Thailand (TAT), Tanes Petsuwan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (15/09/2022).

Baca juga: 10 Kosakata Bahasa Thailand Dasar bagi Traveler 

Selain itu, tidak ada syarat merek vaksin tertentu bagi pelancong, karantina, maupun kewajiban memiliki asuransi Covid-19.

Selama sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap, siapapun dapat masuk ke Negeri Gajah Putih.

"Makanya saya katakan, kalian bisa pulang ke rumah, pesan penerbangan, dan langsung mengunjungi Thailand," tuturnya.

Sementara bagi pelancong yang belum mendapatkan vaksin penuh atau baru mendapatkan satu dosis vaksin diwajibkan membawa hasil tes negatif Covid-19 yang diambil dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Hanya saja, patut diingat bahwa syarat perjalanan dalam dan luar negeri, termasuk syarat naik pesawat, yang berlaku di Indonesia adalah wajib mendapatkan vaksin booster.

Lebih lengkap tentang syarat perjalanan luar negeri terbaru dapat dibaca pada tautan ini.

Baca juga: 10 Mal Terbesar di Dunia, Banyak yang dari Thailand dan China

Dengan begitu, secara otomatis, pelancong yang belum mendapatkan vaksin booster tidak akan bisa berangkat, apalagi tiba di Thailand.

"Jadi yang ketat di konter check-in di Indonesia. Harus punya sertifikat vaksin. Sampai Thailand bebas," ujar Public Relations Officer Tourism Authority of Thailand (TAT) Indonesia Office, Valencia.

Namun, lanjut Valencia, Imigrasi Thailand mungkin akan secara acak memeriksa sertifikat vaksin. Sehingga, jika memungkinkan lebih baik menyediakan sertifikat vaksin di ponsel.

Memegang sertifikat vaksin internasional yang sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan memudahkan perjalanan kita saat pergi ke negara lain. Untuk mengonversi sertfikat vaksin menjadi sertifikat standar WHO dapat dibaca pada tautan ini.

Baca juga: 6 Pilihan Tempat Healing di Thailand, Santai di Pulau Terpencil

Untuk diketahui, sebelumnya Thailand sempat menerapkan sejumlah skema pembatasan perjalanan terkait Covid-19. Mulai dari program Phuket Sandbox yang diluncurkan tahun lalu, kemudian terus diperbarui menjadi Thailand Pass pada awal 2022, serta skema Test and Go, sebelum pada akhirnya dilonggarkan sepenuhnya.

Perjalanan ke Thailand pun kini sudah hampir sama seperti saat sebelum pandemi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com