Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2022, 11:18 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pemakaman Ratu Elizabeth II digelar di Westminster Abbey hari ini, Senin (19/09/2022), sebelum dimakamkan di Kapel St. George di Windsor.

Sejumlah pemimpin dunia, bangsawan, dan pejabat tinggi dunia akan hadir dalam kesempatan tersebut.

Baca juga: 7 Hal yang Berubah Setelah Ratu Elizabeth II Meninggal

Di samping sebagai tempat menggelar prosesi pemakaman, Weatminster Abbey adalah tempat penting dan bersejarah bagi Ratu Elizabeth.

Sebab, di tempat yang sama ia juga melangsungkan pernikahan dengan Pangeran Philip, 75 tahun silam. Tepatnya, pada 20 November 1947.

"Pernikahan itu berjarak hanya empat bulan (setelah pertunangan), pukul 10.30 pada 20 November 1947 di Westminster Abbey," tulis situs resmi keluarga Kerajaan Inggris, dikutip Kompas.com, Senin.

Baca juga: Daftar 11 Penguasa Inggris Raya Sebelum Ratu Elizabeth II

Westminister Abbey tak hanya jadi lokasi pernikahan Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, tetapi juga beberapa anggota keluarga lain dari Kerajaan Inggris.

Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, melambaikan tangan mereka kepada para pendukungnya dari balkon di Istana Buckingham, setelah penobatannya di Westminster Abbey. London, Juni. 2, 1953.AP PHOTO/IMAM via VOA INDONESIA Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, melambaikan tangan mereka kepada para pendukungnya dari balkon di Istana Buckingham, setelah penobatannya di Westminster Abbey. London, Juni. 2, 1953.

Dikutip dari situs resmi Westminster Abbey, total ada 16 pernikahan keluarga Kerajaan Inggris yang digelar di sana dan tradisi ini sjdah berlangsung sejak 900 tahun silam.

Ini mulai dari Henry I yang menikahi Putri Matilda dari Skotlandia pada tahun 1100.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Lagu Kebangsaan Inggris Kembali Jadi God Save The King

Sebelum Ratu Elizabeth, sang ayah, Raja George VI dan Lady Elizabeth Bowes-Lyon juga menikah di Westminster Abbey. Begitu pula dengan adik Elizabeth, Putri Margareth yang menikah dengan Antony Armstrong-Jones.

nggota keluarga Kerajaan Inggris lainnya yang menikah di Weatminster Abbey termasuk Putri Alexandra, serta anak dari Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, Putri Anne dan Pangeran Andrew.

Pangeran William dan Kate Middleton juga menggelar pernikahannya di Westminster Abbey pada 2011.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, 6 Anggota Kerajaan Terima Gelar Baru

Lokasi penobatan jadi Ratu

Selain lokasi pernikahan, penobatan Putri Elizabeth menjadi Ratu Elizabeth juga dilaksanakan di Westminster Abbey, tepatnya pada 2 Juni 1953.

Dikutip dari situs keluarga Kerajaan Inggris, pengucapan sumpah dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com