Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Air Terjun Cuncang Lewe di Manggarai Timur, NTT dengan Ketinggian 100 meter

Kompas.com - 19/09/2022, 11:31 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Air terjun Cuncang Lewe di Desa Ngampang Mas, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan satu dari ratusan air terjun di kabupaten ribuan air terjun.

Warga Kampung Ara, Desa Ngampang Mas yang berprofesi sebagai guru bernama Foyandus Jun mengatakan, ketinggian air terjun ini sekitar 100 meter dan dikelilingi hutan rimba yang sangat sejuk, indah, dan penuh suara aneka burung.

Di tempat ini juga belum ada akses jalan masuk, jadi kalau kita pergi untuk melihatnya kita harus lewati kali Kali Wae Lur. Jarak dari jalan raya ke tempat ini kurang lebih 1 kilometer (km).

Baca juga: Air Terjun Cunca Antar, Wisata Alam Tersembunyi di Manggarai Timur NTT

"Ayo luangkan waktu untuk berfoto di air terjun ini dan merasakaan sapaan alam melalui suara air terjun serta suara burung endemik Flores, NTT," ajaknya.

Foyandus Jun yang akrab disapa Foyan menceritakan tentang pengalamannya ke tempat air terjun Cuncang Lewe.

Adapun cuncang artinya air terjun dan lewe artinya, panjang. Jadi, Cuncang Lewe adalah air terjun panjang. Nama ini sangat cocok dengan air terjun tersebut. Sumber air terjun ini dari daerah aliran sungai (DAS) Wae Lur.

"Untuk akses masuk ke tempat ini belum ada tetapi kami melewati kali wae lur sebagai jalan masuknya ke tempat air terjun yang sering disebut "Cuncang Lewe Wae Lur," jelasnya.

Keindahan Air Terjun Cuncang Lewe

Setiba di lokasi air terjun itu, Foyandus merasa terkejut dengan pemandangan alam di sana. Selain air terjun, terdengar suara burung yang bervariasi di tengah hutan rimba.

"Kami mempromosikan keunikan air terjun itu di akun media sosial Facebook masing-masing agar publik bisa berwisata di air terjun itu sambil mandi dengan menadah air terjun," ujar dia.

Air Terjun Cuncang Lewe, Desa Ngampang Mas, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT merupakan salah satu destinasi alam yang bisa dikunjungi,Senin, (KOMPAS.com/DOK WARGA DESA NGAMPANG MAS-FOYANDUS JUN)KOMPAS.COM/DOK WARGA DESA NGAMPANG MAS-FOYANDUS JUN Air Terjun Cuncang Lewe, Desa Ngampang Mas, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT merupakan salah satu destinasi alam yang bisa dikunjungi,Senin, (KOMPAS.com/DOK WARGA DESA NGAMPANG MAS-FOYANDUS JUN)

Untuk menuju ari terjun, wisatawan bisa meminta bantuan warga setempat bisa memandu wisatawan berwisata di air terjun tersebut.

Baca juga: Daya Tarik Baru Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo, Ada Sungai Bawah Tanah

Perjalanan menuju air terjun bisa dilakukan melalui Desa Ngampang Mas. Setibanya di desa, wisatawan bisa menanyakan info air terjun atau minta dipandu ke titik Air Terjun Cuncang Lewe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com