Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Berencana Longgarkan Aturan Karantina Mulai Oktober 2022

Kompas.com - 19/09/2022, 14:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Taiwan akan menghapus aturan karantina bagi siapa saja yang ingin datang ke negaranya, direncanakan mulai Oktober 2022.

Dikutip dari Taiwannews.com, Jumat (16/09/2022), Central Epidemic Command Center (CECC) atau Pusat Komando Epidemi Pusat di Taiwan mulai diminta melakukan persiapan untuk mengakhiri aturan karantina.

Untuk diketahui, Taiwan telah mengurangi jumlah durasi karantina dari tujuh menjadi tiga hari pada Juni lalu, seperti dilansir Channel News Asia.

Baca juga:

Sebagai ganti penghapusan karantina, CECC diminta mulai menerapkan skema "0+7". Artinya, para wisatawan asing yang ingin masuk ke Taiwan, akan diminta untuk melakukan pemantauan kesehatan diri selama tujuh hari.

Rencana penghapusan karantina masih belum pasti

Kendati sudah ada wacana, juru bicara CECC Chuang Jen-hsiang mengatakan bahwa rencana tersebut masih menyesuaikan kondisi kasus di lapangan.

Taipei, TaiwanPixabay Taipei, Taiwan

Chuang mengatakan, program baru ini dapat diluncurkan, jika sudah ada penurunan kasus yang signifikan dalam waktu dekat.

"Tentu saja, ada kemungkinan (penghapusan karantina) pada bulan Oktober, tetapi itu masih tergantung pada epidemi, terutama karena sekarang adalah periode puncak," kata Chuang, dikutip dari Taiwannews.com.

"Semakin cepat kasus memuncak dan mulai menurun, semakin cepat (perbatasan) dapat dibuka," imbuh Wakil Direktur Jenderal CECC ini.

Baca juga: Taiwan Kurangi Masa Karantina Jadi 3 Hari Mulai 15 Juni

Oleh karena itu, ia menilai bahwa kemungkinan pembukaan perbatasan dengan penghapusan karantina di awal Oktober masih relatif rendah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com