Kompas.com - 20/09/2022, 14:10 WIB

KOMPAS.com - Tingginya harga tiket pesawat membuat kapal Pelni kian dilirik masyarakat sebagai alternatif moda transportasi.

Hal ini tampak salah satunya dari meningkatnya jumlah pemesanan tiket kapal di tengah mahalnya opsi menggunakan transportasi udara.

"Ngaruh, sih. Tiket pesawat kan mahal banget, kayak dari sini (Jakarta) ke Batam naik pesawat itu bisa sejutaan, kalau naik kapal itu sekitar Rp 330.000-an," kata Supervisor Humas Pelni, Astri saat ditemui pada acara KAI Expo di Jakarta, Sabtu (17/09/2022).

Baca juga: Harga BBM Naik, Tarif Kapal Pelni Ikut Naik?

Astri mengatakan bahwa saat ini harga tiket kapal Pelni masih sama dan belum mengalami kenaikan.

"Harga tiket Pelni itu relatif stabil, saat ini masih sama dengan yang lama, belum ada pengaruh dengan kenaikan BBM," ujarnya.

Lebih lanjut, ada empat pelabuhan tujuan yang kenaikan penumpangnya cukup signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Kendaraan Darat Jadi Opsi

Empat pelabuhan itu adalah Medan, Makassar, Bitung, dan Ambon.

"Ada empat pelabuhan yang permintaannya juga naik selama kenaikan tiket pesawat, ada Medan, Makassar, Bitung, dan Ambon," ujar dia.

Perbandingan harga tiket pesawat dan kapal Pelni

Berdasarkan pantauan Kompas.com, dari laman reservasi Pelni dan sejumlah online travel agent (OTA), berikut beberapa perbandingan harga antara kedua mode transportasi ini di sejumlah destinasi:

  • Harga tiket pesawat rute Jakarta ke Manado pada 3 Oktober 2022 mulai dari Rp 2,38 juta dengan waktu tempuh selama 3 jam 25 menit penerbangan langsung. Sedangkan harga tiket kapal Pelni rute Jakarta-Bitung (Manado) pada hari yang sama (3/10/2022) adalah Rp. 689.000, dengan lama perjalanan lima hari 23 jam.
  • Harga tiket pesawat rute Jakarta-Medan pada 3 Oktober 2022 adalah mulai dari Rp 1,11 juta dengan penerbangan langsung selama 2 jam 20 menit. Sedangkan harga tiket kapal Pelni rute Jakarta-Medan sebesar Rp 417.000 dengan perjalanan selama tiga hari dua malam dan transit terlebih dulu di Batam.
  • Harga tiket pesawat rute Jakarta-Denpasar pada 3 Oktober 2022 mulai dari Rp 957.220 dengan lama waktu penerbangan 1 jam 50 menit. Jika ingin naik kapal, kamu harus ke Ende terlebih dulu, kemudian naik kapal rute Ende-Denpasar dengan harga tiket Rp 338.000 dan waktu tempuh satu hari 23 jam. Sebab, tidak ada kapal dari Jakarta ke Denpasar.

Baca juga: 5 Tips Hindari Kelebihan Bagasi Pesawat, Pilih Tas yang Tepat

Perbedaan tarif naik pesawat dan kapal memang cukup signifikan. Namun, ada pertimbangan waktu tempuh yang cukup jauh antara dua moda transportasi tersebut.

Jika sedang tak terburu-buru dan ingin menikmati suasana di atas kapal laut, memilih moda transportasi laut bisa jadi pilihanmu.

Vaksin booster bagi calon penumpang kapal Pelni

Dikutip dari Kompas.com, Senin (05/09/2022), calon pengguna jasa kapal Pelni diimbau melaksanakan vaksin dosis ketiga atau booster terlebih dulu agar bisa melakukan perjalanan. 

Baca juga: 5 Tips Check-in Pesawat, Perhatikan Waktu dan Siapkan Dokumen

"Vaksin booster itu diharapkan supaya tidak ada lagi kendala-kendala ataupun tambahan persyaratan lainnya ketika melaksanakan perjalanan," kata Kepala PT Pelni Cabang Baubau Juni Samsuddin Sitorus, Senin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.