Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Wisata Malam Yogyakarta yang Romantis dan Murah Meriah

Kompas.com - 20/09/2022, 15:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Wisata Jogja atau Yogyakarta tak hanya menarik untuk dijelajahi pada siang atau sore hari, tetapi juga pada malam hari.

Jika pergi bersama pasangan, mengunjungi tempat wisata malam Yogyakarta bisa menjadi pilihan untuk menciptakan suasana romantis dan terasa lebih akrab.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta, Banyak Spot Instagramable

Wisata malam tak harus pergi ke tempat-tempat mahal, tapi bisa dilakukan dengan mengunjungi destinasi yang murah meriah.

Berikut ini sejumlah tempat wisata malam Yogyakarta dan sekitarnya yang romantis dan murah meriah, yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan.

Wisata malam Yogyakarta yang romantis dan murah

1. Malioboro

Jalan Malioboro, Yogyakarta

Shutterstock Jalan Malioboro, Yogyakarta

Belum sah jika tak memasukkan Malioboro ke dalam daftar wisata malam Yogyakarta, termasuk jika kamu mencari destinasi yang romantis dan murah meriah.

Kawasan Malioboro adalah salah satu ikon Yogyakarta. Hampir semua wisatawan yang berlibur ke Kota Pelajar menyempatkan diri mampir ke kawasan ini.

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Pesona Malioboro dapat dinikmati kapanpun, termasuk jika kamu dan pasangan ingin mengunjunginya pada malam hari.

Kamu bisa duduk-duduk santai di kursi yang tersedia di sepanjang area pedestrian sambil menikmati lampu-lampu kota. Lainnya, kamu juga bisa cuci mata dengan mampir ke area perbelanjaan, seperti Teras Malioboro, tempat baru para pedagang kaki lima yang biasa menghiasi pedestrian.

2. Alun-alun Kidul

Ilustrasi pengunjung Alun-alun Kidul Yogyakarta sedang naik mobil hias warna-warni.SHUTTERSTOCK/ARIEFRAHK Ilustrasi pengunjung Alun-alun Kidul Yogyakarta sedang naik mobil hias warna-warni.

Alun-alun Kidul Yogyakarta, yang berada di belakang Kraton Yogyakarta, juga bisa menjadi pilihan wisata malam Yogyakarta yang murah meriah.

Tempat ini populer dengan dua pohon beringin besar yang berdiri di tengah lapangannya yang luas.

Salah satu mitos yang melekat dari beringin kembar itu adalah siapa saja yang berhasil berjalan di antara kedua pohon tersebut dengan mata tertutup, konon keinginannya akan terkabul. Dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, mitos ini disebut Masangin. 

Baca juga: 15 Wisata Pantai Terkenal Yogyakarta dengan Panorama Indah

Di samping mencoba berjalan di tengah pohon tersebut, pengunjung juga kerap memanfaatkan Alun-alun Kidul sebagai tempat bersantai sambil lesehan dan jajan dari pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar.

Ada pula odong-odong penuh lampu yang berwarna-warni dan meriah, yang biasa dijajal pengunjung untuk berkeliling.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com