Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Menyewa atau membeli tiket kereta wisata baik untuk rombongan maupun perseorangan bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Marketing PT Kereta Api Pariwisata, Tiko, menjelaskan langkah-langkah pemesanannya. Adapun untuk sewa satu gerbong, pemesanan bisa dilakukan mulai H-30 sampai minimal H-7. 

 Baca juga: Intip Fasilitas Kereta Wisata Mewah, Satu Gerbong Rp 42 Juta

"Pemesanan di H-30 sampai H-7 sebelum keberangkatan. Kenapa? Karena secara teknis ini dirangkai dengan kereta reguler, kereta reguler itu ada formasi maksimal yang bisa digandeng," ujar Tiko kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022). 

Lebih lanjut, katanya, jika formasi kereta reguler sudah penuh, gerbong kereta wisata sudah tidak bisa lagi dirangkai, baik di paling belakang atau paling depan.

Sewa satu gerbong dengan sistem ini berlaku pada delapan jenis Kereta Wisata, yaitu tipe Nusantara, Sumatera, Toraja, Bali, Jawa, Retro, Imperial, dan Priority. Biaya satu gerbong sendiri berkisar Rp 26,5 juta - Rp 43 juta, tergantung jarak tempuh. 

Baca juga: 8 Jenis Kereta Wisata: Fasilitas, Harga, dan Kapasitasnya

Namun, tipe Priority adalah satu-satunya Kereta Wisata yang bisa dipesan untuk perseorangan. Kereta tipe ini dibanderol sekitar Rp 850.000-an. 

Jika tertarik membeli tiket Kereta Wisata, berikut beberapa caranya yang Kompas.com rangkum, Rabu (21/9/2022). 

Kanal pemesanan Kereta Wisata

1. Aplikasi KAI Access dan platform lain

Pemesanan tiket KA Lokal melalui aplikasi KAI Access dengan metode pembayaran menggunakan LinkAja.Dok. PT KAI Daop 8 Surabaya Pemesanan tiket KA Lokal melalui aplikasi KAI Access dengan metode pembayaran menggunakan LinkAja.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Kereta Wisata Priority merupakan layanan yang bisa dipesan untuk perorangan maupun untuk rombongan. 

Tiko menjelaskan bahwa tipe Priority bisa dijual perseorangan karena kursinya sama dengan Kelas Eksekutif, dengan kapasitas 30 kursi. 

Oleh karena itu, ia menyarankan bagi penumpang yang ingin mencoba Kereta Wisata namun tidak ingin menyewa satu kereta, bisa mencoba pengalaman naik Priority terlebih dahulu.  

Baca juga:

"Kalau Kereta Wisata tipe Priority dijual dengan pola FIT (free independent traveler), bisa dipesan mengikuti rute dan jadwal yang sudah ditentukan," tutur Tiko. 

Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access, atau platform seperti tiket.com, blibli, dan lainnya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+