Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunungkidul Perkenalkan Wisata di Sisi Utara lewat Festival Pariwisata

Kompas.com - 22/09/2022, 15:43 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggelar Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong, Kalurahan Beji. Kapanewon Ngawen.

Perhelatan ini bertujuan memperkenalkan kawasan wisata di sisi utara Gunungkidul, sekaligus memperingati Hari Pariwisata Dunia yang akan jatuh pada Selasa (27/9/2022).

Baca juga:

"Sisi utara kita terus dorong agar kunjungannya meningkat," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, M. Arif Aldian, saat dihubungi melalui telepon, Kamis (22/9/2022).

Acara ini juga menampilkan kesenian tradisional, peragaan kain batik oleh Dimas Diajeng Gunungkidul, demo pembuatan kain batik oleh pembatik cilik, dan penampilan band lokal.

Ia menyampaikan bahwa kunjungan wisata sudah mulai membaik setelah ada pelonggaran masa pandemi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan tempat wisata di sisi utara.

Baca juga: Pantai Widodaren Gunungkidul, Tawarkan Panorama Bukit dan Pasir Putih

Menurut Arif, terdapat pergeseran tren dari mass tourism (pariwisata massal) ke wisata minat khusus, salah satunya desa wisata.

"Mengapa dipilih Watu Gendong? ini sebagai ajang mempromosikan destinasi di sektor utara atau timur wilayah Gunungkidul sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitar dan memberikan wadah bagi desa wisata untuk menampilkan potensi yang dimiliki," terangnya.

Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Desa Wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Arif mengatakan, hal ini merupakan upaya pemerintah dalam mendukung penerapan CBT (Community Based Tourism) untuk menuju pariwisata yang berkelanjutan, melalui penguatan aspek pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan, dan pelestarian budaya.

Baca juga:

"Harapannya, pariwisata Kabupaten Gunungkidul bisa menuju pariwisata kelas dunia," ujarnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Gunungkidul telah memiliki 38 desa wisata.

Beberapa dari desa wisata tersebut telah meraih penghargaan, antara lain Best Village Tourism 2021 dari UNWTO untuk Desa Wisata Nglanggeran, serta masuk peringkat 300 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 untuk Desa Wisata Tepus.

Sementara itu, Desa Wisata Candirejo-Semin, Desa Wisata Kampung-Ngawen masuk 100 besar dalam ajang ADWI 2022. Lalu, Desa Wisata Tepus naik peringkat, masuk ke dalam 50 besar dalam ajang ADWI 2022.

Baca juga: Desa Wisata Nglanggeran di Yogyakarta Dijadikan Foto Perangko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com