Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2022, 19:57 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika belum pernah menginjakkan kaki di Negeri Gajah Putih, kamu mungkin khawatir kesulitan menemukan makanan halal atau tempat untuk beribadah.

Namun, Thailand kini menjadi destinasi yang semakin ramah muslim. Sebab, jumlah turis muslim yang berkunjung ke sana rupanya terus bertambah dari waktu ke waktu.

Baca juga: Masuk Thailand Kini Tak Perlu Tes PCR dan Syarat Lainnya

Pelancong muslim pun menjadi salah satu fokus kategori Thailand dalam mengembangkan pariwisata ke depan, setelah pelonggaran aturan Covid-19.

"Sebenarnya kami sudah memikirkan ini sejak lama, tapi belum berjalan terlalu bagus. Sekarang kami mau fokus kembali menjadikan Thailand destinasi yang lebih ramah muslim," ungkap Deputy Governor for International Marketing Asia and South Pacific Tourism Authority of Thailand (TAT), Tanes Petsuwan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: 6 Pilihan Tempat Healing di Thailand, Santai di Pulau Terpencil

Tempat beribadah relatif mudah ditemukan. Public Relations Officer TAT Indonesia Office, Valencia menyebutkan, di bandara dan hampir setiap mal, misalnya, telah menyediakan mushala.

Makanan halal pun relatif cukup mudah ditemukan. Terlebih, dengan adanya sertifikasi halal yang dilakukan oleh Halal Standard Institute of Thailand di bawah naungan Central Islamic Committee of Thailand.

Restoran, hotel, hingga minimarket dan supermarket yang telah dinyayakan halal akan memajang sertifikasi tersebut.

"Jadi makanan Thailand, tapi halal. Bukan yang no pork no lard. Betul-betul sudah ada seperti MUI-nya, Central Islamic Committee," tuturnya.

Asiatique The Riverfront di Bangkok sebagai pusat wisata gaya hidup Thailand. Tak jauh dari Asiatique bisa ditemukan food court yang menjual beragam jenis makanan halal SHUTTERSTOCK/TAKASHI IMAGES Asiatique The Riverfront di Bangkok sebagai pusat wisata gaya hidup Thailand. Tak jauh dari Asiatique bisa ditemukan food court yang menjual beragam jenis makanan halal

Di Charoen Krung, Bangkok, misalnya, yang tak jauh dari pusat perbelanjaan terbuka populer Asiatique, terdapat area tempat makan yang menjual makanan halal.

Aneka makanan halal yang tersedia seperti mi, Tom Yam, Nasi Biryani, dan lainnya.

Baca juga: 10 Kosakata Bahasa Thailand Dasar bagi Traveler 

Thailand juga memiliki aplikasi khusus untuk menemukan destinasi ramah muslim, yakni Thailand Muslim Friendly Destination yang dapat diunduh secara gratis dan dapat dijadikan panduan.

Di dalamnya, ada daftar sejumlah restoran dan masjid yang dapat dikunjungi, serta panduan berkunjungnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com