Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Ambil Foto Keren Saat Wisata ke Luar Negeri

Kompas.com - 23/09/2022, 08:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat berwisata ke daerah baru, seperti luar negeri, wisatawan tentu ingin mengambil gambar sebagai dokumentasi atau membuat konten sebanyak-banyaknya agar bisa disimpan sebagai kenang-kenangan.

Untuk mengabadikan foto pemandangan maupun foto obyek manusia, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan agar hasilnya menjadi bagus. 

Baca juga:

Hal ini karena, tidak hanya dari alat, ada faktor-faktor lain yang bisa menentukan kualitas sebuah foto. Seperti disampaikan seorang Luxury Traveler sekaligus fotografer Christina Tan, yang sering menjelajah berbagai tempat menarik di dalam dan luar negeri. 

Berikut beberapa tips yang ia bagikan agar bisa mengambil foto yang baik saat traveling, terutama jika pergi ke tempat baru, seperti dirangkum Kompas.com saat berkunjung ke Kompas Travel Fair (KTF) 2022 di Jakarta, Jumat (9/9/2022). 

Tips ambil foto bagus ala fotografer Christina Tan

1. Cari tahu musim dan lokasi

Wisatawan berfoto di obyek wisata Noboribetsu Jikogudani, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Jepang, Selasa (12/2/2019). Noboribesu Jikogudani merupakan sebuah kaldera vulkanis yang terbentuk akibat erupsi Gunung Hiyoriyama.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan berfoto di obyek wisata Noboribetsu Jikogudani, Kota Noboribetsu, Prefektur Hokkaido, Jepang, Selasa (12/2/2019). Noboribesu Jikogudani merupakan sebuah kaldera vulkanis yang terbentuk akibat erupsi Gunung Hiyoriyama.

Sebelum bepergian, khususnya ke negara dengan beberapa musim, wisatawan bisa memperhatikan musim serta lokasi mana saja yang dituju. Tujuannya, agar perlengkapan yang dibawa bisa sesuai dan tidak salah kostum. 

"Sebelum berangkat itu aku sudah mikirin bawa kaus dan baju apa, warna apa, dan lain-lain yang matching (pas), dan sesuai sama musimnya di sana," ujar Christina.

Dengan demikian, katanya, foto yang dihasilkan bisa jadi lebih terkonsep dan tampak serasi. 

Baca juga: Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? Hindari 9 Hal Ini

Misalnya saat sedang berlibur ke New York, salah satu hal yang menjadi ikon di kota itu adalah keberadaan taksi-taksi yang berwarna kuning. Akhirnya, ia sengaja memakai pakaian berwarna kuning mencolok, agar terlihat senada dengan latar foto dan obyek di kota tersebut. 

Contoh lain, jika sedang musim salju, tentunya wisatawan harus memakai pakaian yang tebal dan hangat, agar cocok dengan situasi pengambilan gambar. 

2. Mainkan bujet

Karakter furnitur pilihannya menjadi elemen dekorasi yang menonjolkan kesan mewah dengan gaya yang simpel.

www.design-milk.com Karakter furnitur pilihannya menjadi elemen dekorasi yang menonjolkan kesan mewah dengan gaya yang simpel.

Untuk bisa mendapatkan tempat-tempat tertentu di dalam maupun luar negeri yang indah dan masih jarang diketahui orang, umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, kata Christina, untuk menyiasati bujet saat traveling, wisatawan bisa meminimalisasi biaya akomodasi dan transportasi. 

Sehingga, biaya yang dikurangi untuk penginapan, makanan, atau pesawat yang tinggi jika memakai fasilitas premium, bisa dialihkan untuk berburu foto dan konten di destinasi yang menawan. 

Baca juga: Versi Baru Kereta Mewah Orient Express Akan Beroperasi pada 2023

Kecuali, ia menjelaskan, jika tujuan utama dari traveling seorang wisatawan adalah lebih untuk menikmati kemewahan dan fasilitas perjalanan, serta tidak terlalu mengutamakan destinasinya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com