Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Rutong, Spot Berkemah di NTT yang Diminati Wisatawan

Kompas.com - 23/09/2022, 09:25 WIB
Markus Makur,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Pulau Rutong di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), jadi salah satu tempat wisata di pantai utara yang diminati wisatawan mancanegara (wisman) dan termasuk dalam paket perjalanan wisata.

"Beberapa waktu lalu, wisatawan yang bersepeda gunung, camping di Pulau Rutong, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada. Wisatawan sangat senang dengan keindahan di 17 Pulau Riung, khususnya Pulau Rutong," kata Pemandu wisata Flores, Yohannes Yanni J, kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (20/9/2022). 

Baca juga:

Adapun wisman tersebut bersepeda menjelajahi sisi pantai utara, yang dimudahkan dengan jalan raya Trans Flores Pantai Utara yang kondisinya agak membaik dan sudah beraspal.

Wisatawan asing camping di Pulau Rutong di dalam kawasan 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores NTT. Lokasinya berada di Pantai Utara di Pulau Flores, September 2022. (KOMPAS.com/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)KOMPAS.COM/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J Wisatawan asing camping di Pulau Rutong di dalam kawasan 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores NTT. Lokasinya berada di Pantai Utara di Pulau Flores, September 2022. (KOMPAS.com/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)

Selain berkemah di Pulau Rutong, mereka juga menyantap olahan menu laut berupa ikan dan cumi-cumi, lalu menyelam di perairan kawasan 17 Pulau Riung.

Menurut Yanni, kawasan tersebut juga termasuk dalam paket perjalanan wisata di Pulau Flores. 

Baca juga: Mengenal Ritual Pande Sungke untuk Mencegah Gangguan Roh Halus di NTT

Menginap di akomodasi berkonsep natural

Pulau Rutong di kawasan 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, NTT menjadi salah satu spot destinasi di Pantai Utara di Pulau Flores, Selasa, (20/9/2022). (KOMPAS.com/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)KOMPAS.COM/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANES YANNI J Pulau Rutong di kawasan 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, NTT menjadi salah satu spot destinasi di Pantai Utara di Pulau Flores, Selasa, (20/9/2022). (KOMPAS.com/DOK-PEMANDU WISATA FLORES-YOHANNES YANNI J)

Wisatawan yang bersepeda menginap di 4 Pohon Ecolodge Villa Buntal yang bernuansa alami di Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

"Kami menginap semalam di 4 Pohon Ecolodge Villa di Pantai Utara (Pantura). Menu makannya ikan dan cumi-cumi yang sangat enak yang bersumber dari kekayaan lautan di bagian utara dari Pulau Flores," jelas Yanni.

Baca juga:

Ia menambahkan, ia menjual paket perjalanan wisata di pantai utara karena alamnya yang indah dan keramahan orang Flores di sepanjang perjalanan.

"Tamu yang bersepeda gunung beberapa waktu akan datang lagi tahun depan dengan rombongan lainnya. Baru kali ini wisatawan bersepeda gunung di jalan Trans Flores pantai utara," jelasnya. 

Baca juga: Menyusuri Pantai Utara Flores NTT dari Maumere ke Labuan Bajo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com