Kompas.com - 23/09/2022, 14:07 WIB

MBAY, KOMPAS.com - Kampung Pajoreja di Desa Ululoga, Kecamatan Mauponggo, telah dikenal sebagai pusat rempah-rempah di bagian selatan Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tanahnya pun subur karena Kecamatan Mauponggo berada di kaki Gunung Ebulobo, maka tak heran bila kebun rempah-rempahnya memiliki daya tarik tersendiri, termasuk bagi wisatawan mancanegara (wisman) asal Perancis.

Baca juga: 14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung

"Wisatawan ini tamu dari travel agent Perancis, Azimuth, yang berkunjung di Pulau Flores," tutur pemandu wisata Jhon Nekuaja kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Ia menerangkan bahwa agenda wisman tersebut diawali dari Moni dan berakhir di Labuan Bajo, dengan rincian Moni-Kelimutu-Bajawa-Ruteng-Labuan Bajo. 

Baca juga: Pulau Rutong, Spot Berkemah di NTT yang Diminati Wisatawan

"Sebelum ke Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada, saya menawarkan kepada tamu itu untuk tur rempah-rempah di Kecamatan Mauponggo, Kabupaten Nagekeo, dan wisatawan itu mau," jelas Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) cabang Nagekeo ini.

Selama berwisata di kebun rempah-rempah, wisman tersebut mengeksplorasi tanaman merica dan pala di kebun milik warga setempat bernama Niko.

Desa Wisata Ululoga di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.Dok. Jadesta Desa Wisata Ululoga di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur.

Nekuaja menjelaskan, tempat wisata di Kabupaten Nagekeo belum terkenal di peta perjalanan wisata dunia.

Oleh sebab itu, ia mempromosikan wisata Nagekeo melalui tur rempah-rempah, pasalnya beberapa bulan lalu ada pula wisman asal Perancis yang menjelajahi kebun rempah-rempah merica dan pala di bagian utara. 

"Saya sebagai pemandu wisata dan Ketua HPI Nagekeo memperkenalkan keunikan destinasi wisata, dan mempromosikan keindahan alam serta rempah-rempah agar travel agent internasional memasukkan dalam peta perjalanan wisata dunia," ujarnya.

Baca juga:

Selain Kampung Pajorejoa, Kabupaten Nagekeo juga merupakan rumah bagi Kampung Kawa yang dikunjungi baik wisman maupun wisatawan nusantara (wisnus).

"Saat ini beberapa kampung adat di Kabupaten Nagekeo dengan sejarah masing-masing diperkenalkan dan dipromosikan kepada wisatawan asing. Bahkan, ada wisata pendakian Gunung Ebulobo yang pintu masuknya dari Kecamatan Mauponggo," terangnya.

Baca juga: Saat Para Wisatawan Asing Belajar Menenun di Nagekeo NTT

Kabupaten Nagekeo pun memiliki tempat wisata alam yang unik lainnya, antara lain Pantai Tonggo, Pantai Enagera, Pulau Kinde, Pantai Kotajogho, Pantai Sawah Garam, dan Pulau Rii Ta.

Sementara itu, atraksi budaya yang sayang dilewatkan di wilayah ini adalah ghan uwi, nyiru, dan periuk tanah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.