Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2022, 15:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Literasi Martha Christina Tiahahu yang telah direvitalisasi baru saja diresmikan pada Minggu (18/9/2022).

Sesuai namanya, selain untuk fungsi penghijauan, taman ini juga diperuntukkan untuk aneka kegiatan literasi seperti diskusi, membaca buku, bekerja, atau belajar.

Baca juga:

Taman Literasi Martha Christina Tiahahu berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, RT 3/RW 1, Melawai, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Jam bukanya adalah setiap hari, pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. 

Jika ingin berkunjung ke taman ini, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan, agar kunjungan menjadi lebih nyaman dan optimal, yakni sebagai berikut:

1. Datang pagi atau sore hari

Dari pantauan Kompas.com di lapangan pada Jumat (23/9/2022), area taman Literasi Martha Christina Tiahahu tidak semuanya ditutupi pepohonan rindang.

Area lantai 2 di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Area lantai 2 di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebagian besar bagian dari taman ini berbentuk bangunan terbuka yang dilapisi beton, sehingga tidak ditumbuhi banyak pepohonan. Hal tersebut menyebabkan panas matahari langsung dapat menyinari pengunjung. 

Baca juga: Cara ke Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Naik Transportasi Umum

Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya datang pada waktu pagi hari seperti pukul 07.00 WIB atau sekalian sore hari pukul 16.00 WIB agar tidak terkena panas menyengat dan terlalu berkeringat. 

2. Pakai baju yang menyerap keringat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada waktu tertentu terutama seperti siang hari, panas akan terasa cukup menyengat di taman ini. 

Area Healing Garden di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Area Healing Garden di Taman Literasi Martha Christina Tiahahu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bahkan jika berjalan-jalan sekitar pukul 14.00 hingga 15.00 WIB, pengunjung tetap akan mudah berkeringat jika benar-benar ingin mengelilingi area taman dari lantai pertama hingga lantai kedua. 

Baca juga:

Jadi, sebaiknya pengunjung mengenakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat, seperti di antaranya katun, linen, jersey, chambray, seersucker. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com