Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2022, 17:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada tahun 2022, kata healing menjadi suatu konsep baru untuk menyebut traveling atau perjalanan di Indonesia, terbukti dari tingginya pemakaian kata tersebut.

Penelusuran topik travel di Google Search yang mengandung kata healing naik hingga 500 persen (YoY), dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga:

"Orang Indonesia menyebut traveling itu healing, kata travel-nya bahkan enggak disebut. Jadi banyak ngomongnya bukan 'Aku traveling ke Bali, tapi aku lagi healing ke Bali', atau healing trip ke mana," ujar Travel Industry Analyst Google Indonesia, Vania Anindiar, dalam Press Briefing Google World Tourism Day virtual, Senin (26/9/2022).

 

"Jadi healing kayak menggantikan kata traveling. Dalam pembicaraan baik virtual ataupun verbal," imbuhnya.

Baca juga: Ide Road Trip 4 Hari di Bali, Cocok Buat Self-Healing

Fenomena ini, kata Vania, saat disampaikan kepada para pengamat perjalanan di luar negeri, mereka tertarik dengan fakta bahwa orang-orang Indonesia banyak yang mengganti kata traveling menjadi healing.

Healing sebagai konsep perjalanan yang lebih bermakna

Ilustrasi wisatawan di Nusa Penida, Bali.Dok. UNSPLASH/Alfiano Sutianto Ilustrasi wisatawan di Nusa Penida, Bali.

Menurut interpretasi pihaknya, setelah pandemi Covid-19, kata healing seolah terasa menjadi lebih penting dibandingkan hanya berjalan-jalan mengunjungi tempat baru.

“Makna bepergian kini jadi lebih dalam, tak lagi sekadar menjadi aktivitas untuk melihat tempat-tempat baru atau main. Ini adalah bentuk perawatan diri, momen refleksi, meditasi, dan memperbaiki kesehatan jiwa," tutur Vania. 

Adapun kata healing yang naik 500 persen dibandingkan tahun lalu, sebenarnya menunjukkan bahwa kata ini sudah dipakai sejak sebelum-sebelumnya.

Baca juga: 6 Wisata di Ubud yang Cocok untuk Self Healing

Namun, data dari Google menunjukkan kalimat pencarian kata healing pada 2021 sangatlah berbeda dengan pencarian kata yang sama pada 2022. 

"Pas 2021, orang nyari kata healing itu ya healing yang umum, self healing, trauma healing, healing artinya. Tapi di 2022, kata healing banyak dikaitkan dengan perjalanan," terangnya. 

Beberapa pencarian, seperti "tempat healing", "healing di Bandung", "liburan healing", "healing Jogja", "healing ke pantai", menjadi beberapa pencarian terpopuler pada 2022.

Baca juga: Bandung Jadi Destinasi Paling Populer 2021 Versi Google Trends

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com