Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2022, 20:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minat orang Indonesia untuk berwisata sudah kembali, bahkan kini sudah lebih tinggi dari tahun 2019. Hal ini menurut perhitungan Google Destination Insights yang menampilkan data pengguna Google Search di Indonesia.

Adapun penelusuran travel ke semua daerah tujuan wisata, baik domestik maupun luar negeri, yang dilakukan pengguna Google Search di Indonesia naik hingga 17 persen dibanding periode yang sama pada 2019.

Baca juga:

"Dari orang Indonesia mau jalan-jalan ke mana saja, itu kalau dihitung Juli - Agustus 2022 dibandingkan 2019, kita sudah positif, sudah lebih tinggi dari saat sebelum pandemi," kata  Travel Industry Analyst Google Indonesia, Vania Anindiar, dalam Press Briefing Google World Tourism Day 2022 virtual, Senin (26/9/2022).

Peningkatan pencarian 17 persen tersebut, katanya, menunjukkan bahwa minat masyarakat Tanah Air terhadap pariwisata telah bertumbuh secara positif.

Pencarian akomodasi dan tiket pesawat meningkat

Ilustrasi wisatawan di salah satu bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I.Dok. PT Angkasa Pura I Ilustrasi wisatawan di salah satu bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I.

Dari 17 persen pertumbuhan itu, kata Vania, pencarian terkait penginapan dan tiket pesawat juga tentunya ikut meningkat.

Adapun pada periode Juni - Agustus 2022 jika dibandingkan pada tahun 2019, pencarian terhadap akomodasi naik hingga 21 persen. Sementara itu, pencarian tiket pesawat naik hingga 11 persen, dengan periode yang sama. 

Baca juga: 

"Dari 17 persen pertumbuhan tadi, pertumbuhan di akomodasi lebih tinggi, dibandingkan 2019 itu 21 persen lebih tinggi. Sementara tiket pesawat juga lebih tinggi 11 persen, tapi tanjakannya baru mulai," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com