Kompas.com - 28/09/2022, 11:41 WIB

KOMPAS.com - Mengunjungi beragam destinasi pantai di Bali barat bisa jadi pilihan untuk melepas penat, namun mencari tempat yang relatif lebih sepi dibandingkan pantai-pantai di kawasan Bali selatan.

Selain itu, pantai di Bali barat juga relatif lebih dekat untuk dijangkau bagi para pelancong yang datang ke Pulau Dewata lewat jalur darat, seperti naik bus atau membawa kendaraan pribadi.

Baca juga: 9 Wisata Pantai di Tabanan Bali, Tak Cuma Tanah Lot

Berikut beberapa pantai di Bali barat yang dapat dikunjungi. Beberapa di antaranya tak sekadar memiliki panorama yang mengagumkan, tetapi juga masih belum banyak dikunjungi.

Pantai di Bali barat

1. Pantai Teluk Gilimanuk 

Teluk Gilimanuk, salah satu destinasi pantai di Bali barat.SHUTTERSTOCK/ALEX TRAVELER Teluk Gilimanuk, salah satu destinasi pantai di Bali barat.

Pantai di Bali Barat, Indah dan Belum Banyak Dikunjungi

Melipir sedikit dari ujung Pulau Jawa, wisatawan bisa berkunjung ke Teluk Gilimanuk di Melaya Jembrana Bali.

Dikutip dari Direktori Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pengunjung bisa menyaksikan panorama alam yang mengagumkan, sekaligus menyaksikan kapal-kapal laut bersandar di pelabuhan serta berlayar menyebrangi Selat Bali.

Di sekitarnya juga terdapat pulau-pulau kecil, seperti Pulau Kalong yang tak berpenghuni namun punya hutan mangrove yang menarik untuk dijelajahi.

Baca juga: 15 Wisata Ubud Bali dan Sekitarnya, Kaya Akan Budaya dan Alam

Pengunjung bisa menyewa speed boat untuk mengelilinginya.

Selain itu, dikutip dari Tribun Bali, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan dari sebuah dermaga tua terbuat dari kayu atau duduk-duduk santai di gazebo pinggir pantai.

Dekat bibir pantai juga bisa ditemukan Patung Dewa Siwa setinggi 22 meter berdiri yang menjadi ikon daerah tersebut. Patung berdominasi warna biru dan kuning itu akan langsung dijumpai ketika menginjakkan kaki di Gilimanuk.

Ombaknya yang tenang membuat lokasi tersebut juga cocok dijadikan tempat snorkeling dan diving.

2. Pulau Menjangan

Wisatawan sedang snorkeling di sekitar Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, salah satu destinasi pantai di Bali barat.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisatawan sedang snorkeling di sekitar Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, salah satu destinasi pantai di Bali barat.

Di ujung barat Kabupaten Buleleng, Bali terdapat empat pulau kecil, termasuk salah satunya Pulau Menjangan.

Dikutip dari situs Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Buleleng, Pulau Menjangan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat di ujung barat Pulau Bali, sekaligus bisa menjadi pilihan wisata pantai di Bali barat.

Pulau ini sudah dikenal luas, termasuk di kalangan wisatawan mancanegara, sebagai salah satu tempat diving dan snorkeling terbaik di dunia.

Baca juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Bali, Pantai hingga Bukit

Sebab, lokasinya yang cukup jauh dari pusat aktivitas wisata Bali membuat tempat ini realtif tak begitu banyak dikunjungi.

Para wisatawan yang menyelam akan disuguhkan pemandangan bawah laut mengagumkan, terutama ketika sampai di kedalaman 40 meter dan bertemu palung laut dengan jurang dipenuhi berbagai jenis ikan dan terumbu karang.

Dikutip dari Tribunnews Wiki, di sana pengunjung juga bisa bertemu kawanan rusa liar. Itulah mengapa pulau di utara Taman Nasional Bali Barat ini diberi nama "Menjangan", yang merupakan Bahasa Jawa dari kijang atau rusa.

3. Pantai Yeh Leh

Pantai Yeh Leh di Kabupaten Jembrana, salah satu destinasi pantai di Bali barat.SITUS PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA Pantai Yeh Leh di Kabupaten Jembrana, salah satu destinasi pantai di Bali barat.

Pantai Yeh Leh di perbatasan Tabanan dan Jembrana, Bali bisa menjadi pilihan pantai di Bali barat untuk dikunjungi.

Dikutip dari situs Kabupaten Jembrana, pantai dengan ciri khas bebatuan alami ini belum begitu populer dibandingkan pantai-pantai indah lainnya di Bali, sehingga relatif masih belum banyak dikunjungi dan airnya masih begitu jernih.

Baca juga: 28 Tempat Wisata Tabanan, Banyak Destinasi Liburan Keluarga

Wisatawan yang datang ke Bali melalui jalur darat bisa melipir sejenak ke pantai yang letaknya ada di sepanjang jalan raya Gilimanuk-Denpasar ini.

Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati aktivitas memancing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.