Kompas.com - 29/09/2022, 09:45 WIB

KOMPAS.com - Singapura tak hanya terkenal dengan sebutan kota bisnis. Negara berlambang singa ini pun memiliki warisan budaya yang terjaga hingga sekarang.

Tengok saja kawasan bernama Kampong Glam yang menyimpan banyak kisah tentang masa lalu di Singapura.

Di sini, aktivitas tampak ramai karena banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga: 5 Spot Instagramable di Kampong Glam Singapura

Bukan tanpa alasan Kampong Glam begitu menarik minat turis. Wilayah yang dulu merupakan tempat tinggal dan rumah singgah, kini berubah menjadi zona bisnis dan kuliner.

Lebih dari itu, suasananya menjadi lebih ceria lantaran warna-warni yang menghiasi tembok sepanjang jalan dan lorong Kampong Glam.

Mural di salah satu sudut Kampong Glam tepatnya di Haji Lane. Mural di Kampong Glam ini mendapat izin khusus dari pemerintah Singapura yang terkenal ketat soal seni ini.ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO/KOMPAS.com Mural di salah satu sudut Kampong Glam tepatnya di Haji Lane. Mural di Kampong Glam ini mendapat izin khusus dari pemerintah Singapura yang terkenal ketat soal seni ini.

Seni mural membuat rumah-rumah yang mempertahankan model zaman penjajahan tampak modern.

Ledakan warna pada siang hari dipadu latar belakang Masjid Sultan nan megah menambah semarak suasana.

Baca juga: Baru Pertama ke Singapura, Wajib Kunjungi 3 Wisata Ini

Dinding deretan toko tua, kafe dan restoran dipenuhi mural hasil karya seniman lokal dan internasional, seperti Didier Jaba Mathieu, Shery and the Yok, Oak and Bindi, serta masih banyak lagi.

Ketika senja datang, suasana tetap hidup dan berlangsung hingga malam hari.

Live music menjadi hiburan bagi mereka yang menikmati Kampong Glam, apalagi menjelang bergulirnya Formula 1 GP Singapore pada 2 Oktober 2022 ini.

Aktivitas di salah satu sudut pasar malam di Kampong Glam, Rabu (28/9/2022), saat pembeli menghampiri food truck yang menjual sate. Acara ini berlangsung menjelang Formula 1 GP Singapore 2022.KOMPAS.com/ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO Aktivitas di salah satu sudut pasar malam di Kampong Glam, Rabu (28/9/2022), saat pembeli menghampiri food truck yang menjual sate. Acara ini berlangsung menjelang Formula 1 GP Singapore 2022.

Laksana pasar malam di Indonesia, Kampong Glam berubah menjadi arena penuh hiburan.

Tampak seorang DJ beraksi di atas panggung menghibur ribuan pengunjung yang memadati area parkiran yang disulap menjadi arena bazar.

Di sisi lain, tersedia sejumlah permainan bagi anak-anak dan orang dewasa. Sejumlah 20 food truck pun siap melayani pengunjung yang memesan makanan sambil menikmati live music tersebut.

Baca juga: Situasi Terbaru Masuk Singapura Setelah Pelonggaran Aturan

Meski demikian, ada aturan yang harus dipatuhi sesuai komitmen bersama. Menjelang azan berkumandang dari Masjid Sultan, semua acara hiburan berhenti sejenak. Musik dan hiburan dilanjutkan kembali usai azan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.