Kompas.com - 30/09/2022, 13:14 WIB

KOMPAS.com - Empat bangunan bersejarah di Kota Cimahi, Jawa Barat, ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya dan langsung dijadikan destinasi military heritage tourism.

Bangunan-bangunan tersebut merupakan peninggalan sejak zaman Belanda dan Jepang.

Baca juga: 42 Tempat Wisata di Lembang, Lihat Pemandangan Kota dari Ketinggian

Dikutip dari Tribun Jabar, empat bangunan yang dijadikan cagar budaya tersebut adalah Rumah Sakit Dustira, Pusdik Armed, Gedung Historich, dan Lembaga Pemasyarakatan Militer (Lemasmil) Poncol.

Keempat bangunan tersebut nantinya akan dijadikan sarana hiburan dan edukasi wisatawan. Direncanakan, bakal ada 25 bangunan bersejarah lainnya yang akan berstatus bangunan cagar budaya.

"Saat ini baru empat yang sudah ditetapkan jadi cagar budaya dan destinasi wisatanya. Tahun depan 25 bangunan bersejarah segera diajukan jadi bangunan cagar budaya," ujar Wali Kota Cimahi, Ngatiyana saat ditemui di Penjara Poncol, Rabu (28/09/2022), seperti dikutip Tribun Jabar.

Baca juga: 4 Wisata Lembang Dekat Dago Bakery Punclut, Ada Sarae Hills

Salah satu pertimbangan untuk menetapkan keempat bangunan tersebut sebagai cagar budaya adalah usia bangunan yang rata-rata sudah lebih dari 100 tahun.

Lemasmil Poncol, misalnya, masih berdiri kokoh hingga kini meski dibangun pada tahun 1886. Nilai sejarahnya bagi lembaga pembinaan prajurit juga dinilai sangat tinggi.

Tempat itu pernah menjadi tahanan bagi tokoh seperti Eddy Sampak dan Letkol Untung Syamsuri. 

Untuk diketahui, seperti dikutip dari Tribun Jabar (02/12/2021), Eddy Sampak adalah pelaku perampokan berdarah tahun 1979 yang saat itu merupakan anggota ABRI berpangkat Sersan Mayor. 

Sementara Letkol Untung Syamsuri adalah Komandan Batalyon I Tjakrabirawa yang memimpin Gerakan 30 September 1965, seperti dikutip Tribun Jabar, (28/09/2022).

Baca juga: Rumah Candra Naya, Cagar Budaya Tionghoa di Tengah Bangunan Modern

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.