Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
StratX Insight
Strategic & Experience

Konten StratX Insight adalah kolaborasi Kompas.com dan StratX

Sebuah ikhtiar bersama memberikan insight bagi Sahabat Kompas.com, terutama brand, pemilik usaha, entrepreneur, pengambil kebijakan perusahaan dan industri, serta siapa pun yang punya ketertarikan terhadap dunia usaha dan bisnis. 

StratX adalah bagian dari Kompas Gramedia (KG), hadir untuk mengungkap potensi dan menghadirkan pertumbuhan kinerja bagi para pelaku dan pemilik usaha.

Gen-Z: Si Traveller Nggak Mau Rugi!

Kompas.com - 30/09/2022, 15:22 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PANDEMI Covid-19 membawa dampak buruk untuk hampir semua kalangan, tidak terkecuali para Gen Z Indonesia. Dampak pandemi, usia muda yang harusnya dipakai bereksplorasi, tiba-tiba dipaksa untuk mengisolasi diri.

Hasil survei Inventure-Alvara yang dilakukan pada 2020-2021 menunjukan Gen Z mempunyai tingkat stres lebih tinggi dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

Tingkat stres yang tinggi tersebut dipengaruhi kondisi yang penuh ketidakpastian selama pandemi. Anak muda Indonesia mengkhawatirkan masa depan karir, keuangan, dan keluarga mereka.

Salah satu solusi yang diterapkan Gen Z untuk menghadapi stres adalah dengan healing.

Istilah ‘healing’ digunakan oleh Gen Z Indonesia untuk mengekspresikan pemulihan atau kegiatan memulihkan dari kepenatan hidup. Salah satu bentuk healing para Gen Z adalah dengan traveling.

Tahun 2022 menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh kelompok anak muda Indonesia karena pandemi dinilai sudah mereda, vaksin sudah merata, dan aturan protokol kesehatan sudah dilonggarkan. Artinya kegiatan berwisata sudah bisa lebih bebas dilakukan.

Euforia para Gen Z Indonesia untuk berwisata begitu besar. Hampir dua tahun terisolasi, traveling seakan menjadi simbol kemerdekaan.

Bagaimana para Gen Z menghadapi kebiasan traveling di era pascapandemi ini?

Gen Z: Generasi paling ‘nggak mau rugi’ saat traveling

Laporan Perjalanan dan Pariwisata YouGov 2022: Youth of Today, Travel of TomorrowTim StratX Laporan Perjalanan dan Pariwisata YouGov 2022: Youth of Today, Travel of Tomorrow
Laporan Perjalanan dan Pariwisata YouGov 2022: Youth of Today, Travel of Tomorrow menunjukkan bahwa lebih dari separuh Gen Z Indonesia sudah berniat untuk berwisata dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

Lebih hebat lagi, 23 persen Gen Z berkeinginan melakukan perjalanan internasional dalam waktu dekat!

Gen-z dipengaruhi review kerabat atau keluargaTim StratX Gen-z dipengaruhi review kerabat atau keluarga
Gen Z Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh teman dan kerabat. Lebih dari 60 persen sangat percaya dengan rekomendasi dari lingkungan sekitar mereka.

Jika ada teman atau keluarga mereka yang mengunjungi suatu destinasi, maka mereka akan bertanya dan mencari rekomendasi dari tempat tersebut.

Tidak hanya itu, para Gen Z juga mencari referensi dari review dan ulasan dari traveler lain.

Ketika mencari hotel atau kegiatan di suatu destinasi, mereka akan mencari ‘bintang’ dan ulasan dari para traveler yang sudah berkujung duluan.

Para Gen Z punya mentalitas ‘nggak mau rugi’ saat traveling.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com