Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2022, 19:07 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipersiapkan sebagai tuan rumah Asean Tourism Forum (ATF) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa ATF merupakan perhelatan yang cukup besar, hampir selevel dengan G20.

"ATF ini skalanya sama besarnya karena mengundang menteri-menteri pariwisata dan juga kemungkinan perwakilan dari kementerian lainnya tingkat Asean dan negara sahabat ke Yogyakarta," kata dia kepada Kompas.com di Arkamaya, Sabtu (1/10/2022).

Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah ATF 2023, Lokasinya di Yogyakarta

Ia menambahkan bahwa ATF ini dipusatkan di Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Jogja Expo Center (JEC).

Dalam kunjungannya di Yogyakarta ini, Sandi menyempatkan diri ke Arkamaya, modern cotage yang disiapkan sebagai salah satu ekosistem pendukung ATF selain desa wisata dan UMKM.

Arkamaya Yogyakarta

Menurut dia Arkamaya melebihi ekspektasi dia karena lokasi ini baru saja buka pada tanggal 1 Juni 2022.

sandiaga saat berkunjung ke Arkamaya, Sabtu (1/10/2022)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO sandiaga saat berkunjung ke Arkamaya, Sabtu (1/10/2022)

Sandi mengapresiasi karena lokasi ini dikerjakan dengan serius oleh anak-anak muda dan tetap peduli lingkungan selama pembangunan.

Baca juga: Indonesia Fokus Promosikan 5 Destinasi Super Prioritas di ATF 2022

"Kita ingin ATF ini kita persiapkan dengan matang, sehingga menghasilkan pengalaman dan kenyamanan yang luar biasa bagi para traveks atau satu traveling experience," jelas Sandi, Sabtu (1/10/2022).

Ia menambahkan akan juga ada traveks yang jadi salah satu tempat expo untuk pelaku wisata, dan ekonomi kreatif yang nantinya menkadi daya tarik wisatawan.

Baca juga: Sandiaga: Perkuat UMKM, Salah Satu Cara Antisipasi Resesi

"Akan ada juga traveks satu tempat expo untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang nanti akan menjadi salah satu daya tarik untuk membangkitkan kembali dan juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ujar dia.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Tak hanya mempersiapkan event ATF, Kemenparekraf juga bersiap dengan skala jangka panjang yakni menyambut endemi dengan tiga pendekatan.

"Satu ada digitalisasi, dua utamakan kesehatan atau global health architecture dan ketiga adalah sustainibiltity," tutut Sandi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com