Kompas.com - 02/10/2022, 09:18 WIB

KOMPAS.com - Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober. Banyak cara untuk merayakan Hari Batik Nasional, termasuk di antaranya mengunjungi museum-museum batik untuk mengenal warisan budaya dari Indonesia ini.

Batik, sebagai seni menggambar di atas kain, telah ada sejak tahun 1920 lalu, kemudian berkembang hingga masa sekarang.

Baca juga: Hari Batik Nasional 2 Oktober, Intip Perjalanannya hingga Diakui UNESCO

Berdasarkan situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mulanya, batik hanya dibuat dan dikerjakan oleh kalangan raja. Namun, kini batik telah menjadi salah satu budaya khas Indonesia dengan berbagai motif yang berbeda-beda di berbagai daerah.

Pada 2 Oktober 2009, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Untuk mengenal lebih jauh dan tetap melestarikan batik di Indonesia, Kompas.com telah merangkum beberapa museum yang dapat dikunjungi untuk merayakan Hari Batik Nasional.

Museum Batik untuk dikunjungi saat Hari Batik Nasional

1. Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat.Dok. Jakarta Tourism Museum Tekstil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Museum Tekstil yang berlokasi di Jalan Aipda KS Tubun No. 2-4, Jakarta Barat ini dapat dikunjungi setiap harinya, bahkan pada hari libur nasional pun, kecuali pada hari Senin.

Jam operasional Museum Tekstil mulai pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket cukup terjangkau, yakni Rp 5.000 untuk dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp 2.000 untuk pelajar.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat Hari Batik Nasional, Cocok Buat Ucapan di Medsos

Menurut situs resminya, di Museum Tekstil, pengunjung bisa melihat koleksi-koleksi kain batik dari berbagai daerah di Indonesia, alat tenun, sulam, serta songket. Selain itu juga, ada lokakarya membatik yang dapat diikuti.

2. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik YogyakartaSITUS VISITINGJOGJA Museum Batik Yogyakarta

Museum batik yang satu ini terletak di Yogyakarta, kota yang mewarisi budaya keratonan.

Museum Batik Yogyakarta ini berlokasi di Jalan Dr. Sutomo 13A, Yogyakarta. Pengunjung dapat berkunjung di hari Senin hingga Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB. Diharapkan untuk melakukan reservasi jika ingin berkunjung di hari libur nasional.

Menurut situs resminya, harga tiket masuk ke museum sebesar Rp 30.000. Dikutip dari situs Visitingjogja, di museum yang diprakarsai suami-istri Hadi Nugroho dan Dewi Sukaningsih itu, pengunjung bisa melihat koleksi batik dan alat-alat pendukung proses pembuatannya, seperti wajan, anglo, canting, dan lainnya.

Baca juga: Hari Batik Nasional, Ini 7 Kampung Tempat Belanja dan Belajar Batik

Namun, pengunjung uga bisa belajar membatik dengan tarif sebesar Rp 55.000.

Jika tertarik untuk berkunjung sambil belajar membatik, museum ini juga menyediakan paket membatik dan berkunjung ke museum dengan tarif mulai dari Rp 85.000 sampai Rp 95.000.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.