Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Wisata Air Terjun di NTT, Masih Asri untuk Dijelajahi

Kompas.com - 05/10/2022, 09:33 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) punya sederet pesona alam yang luar biasa, mulai dari pantai, hingga alam yang eksotis.

Salah satunya adalah air terjun. Ada banyak wisata air terjun di NTT yang indah dan masih asri, sehingga menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 14 Pantai Indah di NTT, Ada yang Berpasir Putih dan Diapit 2 Gunung

Berikut Kompas.com rangkum sejumlah wisata air terjun di NTT yang masih asri dan menyuguhkan panorama alam mengagumkan, cocok untuk melepas penat saat berlibur.

15 wisata air terjundi NTT

1. Air Terjun Pangkadari

Air Terjun Pangkadari lokasinya ada di Desa Wae Codi, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, NTT.

Air terjun Pangkadari di Manggarai, salah satu wisata air terjun di NTT.DOK STAF KECAMATAN CIBAL BARAT-JEFRI TEPING Air terjun Pangkadari di Manggarai, salah satu wisata air terjun di NTT.

Uniknya, lumut yang tumbuh di dinding batu semuanya mengeras, tidak seperti tumbuhan lumut yang kebanyakan mudah rontok dan licin. 

Baca juga: 12 Desa Wisata Manggarai Timur NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budaya

Melansir Kompas.com, Rabu (11/5/2022), air yang mengalir di air terjun ini pun bening dan tidak berbau seperti ciri-ciri air yang mengandung zat kapur.

2. Air Terjun Wae Nunung

Air terjun terapi Colol atau air terjun terapi Wae Nunung terletak di kawasan agrowisata Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Manggarai Timur, NTT.

Air terjun terapi Wae Nunung Colol, Desa Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Manggarai Timur, salah satu wisata air terjun di NTT.DOK KOMUNITAS PONAN COFFEE-RONALD IGU Air terjun terapi Wae Nunung Colol, Desa Colol, Kecamatan Lambaleda Timur, Manggarai Timur, salah satu wisata air terjun di NTT.

Seperti namanya, air terjun ini dianggap mampu membantu menyembuhkan sakit pinggang jika pengunjung mandi di bawah air terjunnya.

Melansir Kompas.com, Senin (08/05/2022), cipratan air dari air terjun setinggi 7 meter itu membuat tubuh terasa seperti dipijat secara alami.

Baca juga: Melirik Potensi Pariwisata Nagekeo di NTT, Pantai hingga Desa Wisata

Bahkan, banyak kesaksian dari warga Colol yang mengatakan sembuh dari sakit pinggang usai mandi di bawah kucuran Air Terjun Wae Nunung.

3. Air Terjun Cunca Lawar

Melansir Kompas.com, Kamis (28/4/2022), nama Cunca Lawar mengacu pada goa dan sarang burung walet yang ada di dekat air terjun.

Jadi, sembari berwisata, pengunjung bisa melihat burung walet keluar-masuk goa. Daya tarik lainnya adalah bongkahan batu yang berbentuk lingkaran akibat kikisan dan tekanan air yang cukup deras sepanjang waktu. Di sisi kanannya terdapat cekungan batu yang berbentuk goa. 

Baca juga: Jelajah Jalur Pantai Utara Flores, NTT yang Punya Banyak Tempat Wisata

4. Air Terjun Cunca Lega

Seorang wisatawan menikmati keindahan air terjun Cunca Lega di Kampung Purang-Nanu, Desa Tebo, Kecamatan Rahong Utara, Kab. Manggarai, salah satu wisata air terjun di NTT.DOK WARGA RAHONG UTARA-FLORIANUS JEHASAN Seorang wisatawan menikmati keindahan air terjun Cunca Lega di Kampung Purang-Nanu, Desa Tebo, Kecamatan Rahong Utara, Kab. Manggarai, salah satu wisata air terjun di NTT.

Air Terjun Cunca Lega berlokasi di Purang- Nanu, Desa Tebo, Kecamatan Rahong Utara, Manggarai, NTT. Melansir Kompas.com, Rabu (25/5/2022), pengunjung hanya butuh waktu sekitar satu jam perjalanan dari Ruteng menuju air terjun bertingkat-tingkat ini, jika menggunakan kendaraan roda dua. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com