Kompas.com - 07/10/2022, 07:07 WIB

KOMPAS.com - Negara Arab Saudi yang terkenal sebagai daerah gurun pasir, terpilih menjadi tuan rumah untuk Asian Winter Games 2029.

Hal ini diumumkan langsung oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA) dalam pertemuan majelis umum di Phnom Penh, Kamboja, Selasa (4/10/2022).

Melansir Gulf News, Selasa (4/10/2022), Asian Winter Games itu akan mencakup 47 kompetisi untuk bidang ski, seluncur salju, hoki es, dan seluncur es yang 28 di antaranya akan diadakan di salju dan 19 lainnya di permukaan es.

Baca juga:

"Kami telah memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Asian Winter Games Trojena 2029, sebagai negara pertama di Asia barat," kata Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki al-Faisal, mengutip The Guardian, Selasa (4/10/2022).

Lantas, bagaimana negara gurun pasir ini bisa menyelenggarakan pesta olahraga musim dingin?

Asian Winter Games 2029 berada di resor mewah

Kompetisi musim dingin ini akan diadakan di sebuah kawasan mewah, proyek megacity yang disebut NEOM senilai 500 miliar dollar AS.

Desain gedung pencakar langit The Line setinggi 500 meter dan membentang sepanjang 170 kilometer membelah gurun di pusat kota NEOM yang menjadi proyek megacity Arab Saudi, saat dipresentasikan pada 26 Juli 2022.NEOM via AFP Desain gedung pencakar langit The Line setinggi 500 meter dan membentang sepanjang 170 kilometer membelah gurun di pusat kota NEOM yang menjadi proyek megacity Arab Saudi, saat dipresentasikan pada 26 Juli 2022.

Tepatnya di Trojena, daerah NEOM punya suhu musim dingin di bawah nol derajat Celcius, serta suhu sepanjang tahun umumnya 10 derajat lebih dingin dari wilayah lainnya.

Melansir Gulf News, Selasa, provinsi Tabuk ini memiliki musim dingin yang lengkap dengan salju.

Baca juga: Lion Air Terbang Lagi dari Bandara Kertajati ke Arab Saudi, Layani Ibadah Umrah

Trojena, sebagai tuan rumah Asian Games Musim Dingin 2029, terletak di pegunungan Sarawat dan akan menjadi tempat resor ski luar ruang pertama di Teluk.

Wilayah ini ditandai oleh pegunungan dengan puncak tertinggi di Arab Saudi, sekitar 2.600 meter di atas permukaan laut.

Jadi suhu bisa turun di bawah nol derajat Celcius saat musim dingin, dan sekitar 10 derajat lebih dingin daripada wilayah lainnya, menurut laman web proyek.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Artinya, kompetisi Asian Winter Games di Arab Saudi memang memungkinkan. Bisa jadi Asian Winter Games 2029 itu adalah yang terbaik. 

Terlebih lagi karena Saudi ingin memamerkan megacity futuristik Neom senilai 500 miliar dollar AS yang sedang dibangun di Laut Merah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.