Kompas.com - 07/10/2022, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Museum MACAN, atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, mengoleksi beragam karya seni kontemporer dan modern.

Alamatnya di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Lokasinya tidak jauh dari Gerbang Tol Kebon Jeruk I, serta bisa dijangkau dari Jalan Panjang di Jakarta Barat. 

Baca juga:

Museum MACAN buka pukul 10.00-16.00 WIB, dengan tiga slot waktu kunjungan dan pembatasan kuota pengunjung. Tiketnya bisa dipesan secara daring terlebih dahulu dengan harga mulai Rp 100.000 untuk pengunjung dewasa. 

Bila ingin menikmati karya seni di tempat ini, simak rutenya dan jenis kendaraan umum apa saja yang bisa digunakan:

Rute naik kendaraan pribadi ke Museum MACAN

Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls karya perupa asal Jepang, Yayoi Kusama, yang digelar di Museum MACAN, Jakarta Barat.Dok. Museum MACAN Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls karya perupa asal Jepang, Yayoi Kusama, yang digelar di Museum MACAN, Jakarta Barat.

Letak Museum MACAN cukup strategis karena bisa dicapai melalui jalan tol maupun jalan utama (Jalan Panjang). 

Wisatawan yang mengendarai mobil dari Museum Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, misalnya, bisa lewat jalan tol dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. 

Baca juga: 10 Mal Dekat Museum MACAN Jakarta, Ada Mall Taman Anggrek

Dari Jalan Medan Merdeka Barat, wisatawan bisa mengarahkan kendaraannya ke Jalan Majapahit melewati Istana Merdeka di seberang kanan.

Bila menemui Toko Singer Harmoni yang legendaris di sisi kiri dan persimpangan besar dengan lampu merah di depan, belok kiri ke Jalan Suryopranoto. Lurus terus hingga ke Jalan Balikpapan dan Jalan Kyai Caringin dengan patokan RSUD Tarakan Jakarta di sebelah kiri. 

Kemudian terus berkendara hingga ke Jalan Tomang Raya, termasuk melewati jembatan. Tetap berada di Jalan Tomang Raya hingga menemukan jalan bercabang dua, ambil jalur yang sedikit ke kanan untuk masuk ke underpass Tomang. 

Selanjutnya, wisatawan bisa tetap berkendara di Jalan Tol Jakarta-Tangerang sejauh kira-kira 2,7 kilometer, lalu keluar di Gerbang Tol Kebon Jeruk 1 (exit Kebon Jeruk/Kedoya) dan belok kiri ke Jalan Perjuangan.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Museum MACAN Jakarta via Situs Web

Sebenarnya lokasi AKR Tower sudah di depan mata, namun wisatawan harus mencari putaran dengan lanjut belok kanan ke Jalan Arjuna Selatan kemudian lanjut ke Jalan Panjang. 

Bila menemukan persimpangan lampu merah, putar balik ke Jalan Panjang, lalu ambil jalur yang agak ke kiri, dan lanjut ke Jalan Perjuangan. Pintu masuk AKR Tower akan ada di sebelah kiri. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.