Kompas.com - 07/10/2022, 12:13 WIB

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Benteng Marlborough di Bengkulu periode Januari-September 2022 mengalami peningkatan. 

"Jika dibandingkan pada 2021, pengunjung di Benteng Marlborough mengalami peningkatan mencapai 21.824 orang atau 61,9 persen," ujar Kepala UPTD Pengembangan dan Pengendali Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Intan Herwinanti, dikutip dari Antara, Jumat (7/10/2022).

Baca juga:

Pada tahun 2021, tercatat ada 13.544 pengunjung ke tempat wisata sejarah yang dibangun pada tahun 1714-1719 ini. 

Menurutnya, kenaikan jumlah kunjungan wisatawan disebabkan oleh terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia, terutama di Provinsi Bengkulu, sehingga masyarakat mulai beraktivitas di luar rumah dan berwisata.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Pantai di Bengkulu, Ada yang Pernah Didatangi Soekarno

Intan juga berharap agar sektor pariwisata di provinsi tersebut bangkit kembali, setelah sempat terdampak pandemi Covid-19 selama dua tahun. 

Peningkatan kunjungan wisatawan juga terjadi di tempat wisata lainnya, antara lain Pantai Panjang, air terjun, dan kebun teh. 

"Angka kunjungan ke destinasi wisata alam di Bengkulu juga meningkat, tapi kami belum mendapatkan angka pasti berapa jumlah angka kunjungan wisatawan ke sana," tuturnya. 

Baca juga:

Namun, jumlah kunjungan wisatawan ke tempat wisata sejarah lainnya, yakni Rumah Bung Karno, belum menunjukkan peningkatan.

Tempat wisata tersebut dikunjungi oleh 7.303 orang sampai saat ini, sedangkan tercatat ada 7.591 orang yang mengunjungi tempat tersebut pada tahun 2021. 

Baca juga: Napak Tilas Rumah Fatmawati di Bengkulu, Rumah Penjahit Bendera Pusaka

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.