Kompas.com - 09/10/2022, 10:28 WIB

KOMPAS.com – Sebanyak 35 turis asing harus dievakuasi dari penginapan yang mereka tempati di beberapa tempat di Kuta, Bali akibat bencana banjir.

Diberitakan Kompas.com, Minggu (9/10/2022), curah hujan tinggi memang tengah melanda Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali pada Sabtu (8/10/2022), sehingga menyebabkan banjir.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Hotel di Bali Siap Sambut KTT G20

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung I Ketut Murdika mengatakan, pihaknya sampai mengevakuasi 154 turis akibat banjir itu.

“(Dari 154 wisatawan), 35 orang WNA (Warga Negara Asing), sisanya WNI (Warga Negara Indonesia),” kata dia kepada Kompas.com, Sabtu.

Cuaca ekstrem di Bali

Sebagai info, curah hujan yang tinggi menyebabkan volume air di Sungai Tukad Mati bertambah sampai meluap.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Bali memang dilanda cuaca ekstrem pada Sabtu (8/10/2022) sejak malam pukul 00.50 WITA sampai 05.10 WITA.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Kuta Selatan Bali, Bisa Jalan di Bawah Laut

Hal itu pun menyebabkan beberapa titik di Kota Denpasar mengalami banjir setinggi lutut hingga dada orang dewasa.

Ilustrasi hujan petir, prakiraan cuaca hari ini.Pexels/Сергей Леденёв Ilustrasi hujan petir, prakiraan cuaca hari ini.

Titik banjir di Kota Denpasar terletak di Pura Demak Pemecutan Kelod, Perumahan Padang Asri Padangsambian, Desa Tegal Kerta Monang-Maning, Bumi Ayu Sanur dan Kertapura Pemecutan. 

Sementara itu titik banjir di Kabupaten Badung terpantau di Tukad Mati Legian, Jalan Pandawa hingga Jalan Dewi Sri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.