Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Buka Lagi Rute Jakarta-Melbourne, per 23 November

Kompas.com - 09/10/2022, 18:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan mulai mengoperasikan kembali rute Jakarta-Melbourne pergi-pulang (PP) pada tanggal 23 November 2022 mendatang. 

Rute Jakarta-Melbourne PP tersebut nantinya akan dilayani dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 yang berkapasitas 251 penumpang, dengan konfigurasi 36 kelas bisnis dan 215 kelas ekonomi. 

Baca juga: Garuda Indonesia Akan Layani Penerbangan Langsung Bali-Jepang

“Dibukanya kembali rute dari dan menuju Melbourne ini menjadi salah satu upaya Garuda Indonesia dalam mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi nasional khususnya melalui sektor pariwisata," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (9/10/2022). 

Caranya, kata dia, dengan mengoptimalkan ketersediaan aksesibilitas layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi turis mancanegara untuk dapat kembali menikmati keindahan wisata alam dan budaya Indonesia khususnya pada destinasi unggulan Indonesia. 

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Garuda Indonesia 2022, Penumpang Perlu Tahu

Jadwal Garuda Indonesia rute Jakarta-Melbourne PP

Maskapai Garuda Indonesia rute Jakarta-Melbourne akan beroperasi sebanyak dua kali setiap minggunya, yaitu setiap Rabu dan Sabtu. 

Jakarta-Melbourne

Menggunakan maskapai dengan nomor penerbangan GA 716, berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 21.00 WIB dan tiba di Melbourne Airport keesokan harinya pukul 07.35 waktu setempat.

Melbourne-Jakarta

Menggunakan pesawat bernomor penerbangan GA 717, berangkat dari Melbourne Airport pukul 09.10 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta pukul 12.15 WIB.  

Baca juga: 5 Tips Hindari Kelebihan Bagasi Pesawat, Pilih Tas yang Tepat

Irfan menambahkan, kehadiran rute ini melengkapi rute Sydney-Denpasar PP yang sebelumnya telah kembali beroperasi lebih dahulu.

"Hal ini menjadi sinyal positif bagi outlook peningkatan trafik penumpang internasional Garuda Indonesia mengingat Australia merupakan salah satu pangsa pasar potensial, sebagai salah satu negara dengan tingkat kunjungan wisatawan tertinggi ke Indonesia," ujarnya. 

Pada Juli 2022, Irfan menambahkan, tercatat jumlah kunjungan wisatawan asal Australia menuju Indonesia berhasil menyentuh kisaran 80 ribu orang.

"Peluang pasar ini yang kami yakini akan terus meningkat sejalan dengan berbagai relaksasi perjalanan antar negara yang mulai diterapkan serta upaya peningkatan alat produksi yang terus kami optimalkan," tutur dia.

Baca juga: 5 Tips Check-in Pesawat, Perhatikan Waktu dan Siapkan Dokumen

Selain mengakomodir kebutuhan konektivitas yang lebih beragam bagi turis mancanegara ke berbagai destinasi wisata Indonesia, rute Jakarta-Melbourne PP juga diharapkan memberikan kemudahan perjalanan bagi pelajar Indonesia yang sedang melaksanakan studi di Australia, terutama di Melbourne.

Sekaligus, kata Irfan, memberi kemudahan bagi kalangan pekerja yang memiliki mobilitas tinggi serta memiliki preferensi tersendiri terhadap kebutuhan layanan penerbangan langsung dari Melbourne menuju Jakarta maupun sebaliknya.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com