Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2022, 18:07 WIB

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan mulai mengoperasikan kembali rute Jakarta-Melbourne pergi-pulang (PP) pada tanggal 23 November 2022 mendatang. 

Rute Jakarta-Melbourne PP tersebut nantinya akan dilayani dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300 yang berkapasitas 251 penumpang, dengan konfigurasi 36 kelas bisnis dan 215 kelas ekonomi. 

Baca juga: Garuda Indonesia Akan Layani Penerbangan Langsung Bali-Jepang

“Dibukanya kembali rute dari dan menuju Melbourne ini menjadi salah satu upaya Garuda Indonesia dalam mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi nasional khususnya melalui sektor pariwisata," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (9/10/2022). 

Caranya, kata dia, dengan mengoptimalkan ketersediaan aksesibilitas layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi turis mancanegara untuk dapat kembali menikmati keindahan wisata alam dan budaya Indonesia khususnya pada destinasi unggulan Indonesia. 

Baca juga: Aturan Bagasi Pesawat Garuda Indonesia 2022, Penumpang Perlu Tahu

Jadwal Garuda Indonesia rute Jakarta-Melbourne PP

Maskapai Garuda Indonesia rute Jakarta-Melbourne akan beroperasi sebanyak dua kali setiap minggunya, yaitu setiap Rabu dan Sabtu. 

Jakarta-Melbourne

Menggunakan maskapai dengan nomor penerbangan GA 716, berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 21.00 WIB dan tiba di Melbourne Airport keesokan harinya pukul 07.35 waktu setempat.

Melbourne-Jakarta

Menggunakan pesawat bernomor penerbangan GA 717, berangkat dari Melbourne Airport pukul 09.10 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta pukul 12.15 WIB.  

Baca juga: 5 Tips Hindari Kelebihan Bagasi Pesawat, Pilih Tas yang Tepat

Irfan menambahkan, kehadiran rute ini melengkapi rute Sydney-Denpasar PP yang sebelumnya telah kembali beroperasi lebih dahulu.

"Hal ini menjadi sinyal positif bagi outlook peningkatan trafik penumpang internasional Garuda Indonesia mengingat Australia merupakan salah satu pangsa pasar potensial, sebagai salah satu negara dengan tingkat kunjungan wisatawan tertinggi ke Indonesia," ujarnya. 

Pada Juli 2022, Irfan menambahkan, tercatat jumlah kunjungan wisatawan asal Australia menuju Indonesia berhasil menyentuh kisaran 80 ribu orang.

"Peluang pasar ini yang kami yakini akan terus meningkat sejalan dengan berbagai relaksasi perjalanan antar negara yang mulai diterapkan serta upaya peningkatan alat produksi yang terus kami optimalkan," tutur dia.

Baca juga: 5 Tips Check-in Pesawat, Perhatikan Waktu dan Siapkan Dokumen

Selain mengakomodir kebutuhan konektivitas yang lebih beragam bagi turis mancanegara ke berbagai destinasi wisata Indonesia, rute Jakarta-Melbourne PP juga diharapkan memberikan kemudahan perjalanan bagi pelajar Indonesia yang sedang melaksanakan studi di Australia, terutama di Melbourne.

Sekaligus, kata Irfan, memberi kemudahan bagi kalangan pekerja yang memiliki mobilitas tinggi serta memiliki preferensi tersendiri terhadap kebutuhan layanan penerbangan langsung dari Melbourne menuju Jakarta maupun sebaliknya.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+