Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspirasi di Balik Kamar BTS di Jakarta, Berawal dari Dukungan Penggemar

Kompas.com - 10/10/2022, 12:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berwisata atau rekreasi dengan menginap di hotel apartemen tak jauh dari tempat tinggal (staycation), bisa menjadi alternatif. Apalagi, jika ruangannya memiliki tema unik dan berbeda dari kebanyakan. 

Sarang Army, sebuah akomodasi bertema BTS dengan model loft yang kekinian, dibuka pada Juni 2022 di Jakarta Barat untuk memanjakan para penggemar sekaligus siapapun yang ingin menginap. 

Sang pemilik yang bernama Nadya, mengaku membuat penginapan ini karena terinspirasi saat mengunjungi kamar Airbnb bertema Harry Potter di Melbourne, Australia. 

Baca juga:

"Aku pernah ke Airbnb bertema Harry Potter di Melbourne dan berpikir belum pernah ada interactive Airbnb sebelumnya di Indonesia," kata Nadya kepada Kompas.com, Jumat (7/10/2022). 

Ia melanjutkan bahwa karena owner adalah Army juga, ia punya ide membuat loft yang terinspirasi oleh cintanya Army kepada BTS, yakni Sarang Army

Sarang Army, sebuah kamar apartemen bertema BTS yang disewakan di Jakarta Barat, memiliki pernak-pernik khas BTS dan dekorasi estetik.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Sarang Army, sebuah kamar apartemen bertema BTS yang disewakan di Jakarta Barat, memiliki pernak-pernik khas BTS dan dekorasi estetik.

Untuk diketahui, BTS merupakan salah satu boyband asal Korea Selatan yang memiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Para fans-nya disebut sebagai Army, singkatan dari Adorable Representative MC for Youth. Army juga memiliki makna "tentara" dalam Bahasa Inggris, yang berkaitan dengan grup BTS (Bangtan Sonyeondan atau Bangtan Boys yang berarti "baju anti-peluru"). 

Arti di balik Sarang Army

Nadya menjelaskan, Sarang Army memiliki dua arti. Pertama, "sarang" dalam Bahasa Indonesia menjadi "sarang" alias tempat para Army bisa berkumpul dan bersarang bersama.

Kemudian, "sarang" yang diambil dari kata Saranghae, dalam Bahasa Korea artinya cinta.

Baca juga: Jalan-jalan ala BTS, Ini 5 Pasar Unik dan Serba Murah di Seoul

Awalnya, kata dia, Sarang Army dibuat dengan tujuan utama agar pemilik dan teman-teman Army bisa bersama-sama nonton bareng dan menghabiskan waktu membahas berbagai momen tak terlupakan dari BTS.

Namun, tak disangka, banyak juga tamu umum yang datang menginap, tidak terbatas hanya kepada para Army. 

Sarang Army, sebuah kamar apartemen bertema BTS yang disewakan di Jakarta Barat, memiliki pernak-pernik khas BTS dan dekorasi estetik. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Sarang Army, sebuah kamar apartemen bertema BTS yang disewakan di Jakarta Barat, memiliki pernak-pernik khas BTS dan dekorasi estetik.

"Tamu Sarang Army enggak hanya Army saja. Banyak yang non-Army, dan bahkan non K-pop lovers yang berkunjung ke Sarang Army, tetap bisa enjoy waktunya berfoto-foto estetik untuk Instagram," imbuh pemilik sekaligus bagian Tim Creative ini. 

Ia mengaku senang dan bersyukur melihat banyak Army yang sangat berkesan datang ke Sarang Army dan bisa menciptakan memori baru. 

Baca juga: Ke Korea Selatan Kini Tak Perlu Tes PCR

Nadya menjelaskan, banyak dari para tamu yang bersama-sama sepanjang malam, melakukan kegiatan bonding seperti menonton konser, dan mengatakan Sarang Army adalah tempat staycation favorit.

"Semoga tamu-tamu Sarang Army terus bersemangat mendukung BTS dan Para Army Indonesia, serta menciptakan komunitas yang baik untuk berbagi hobi bersama," pungkasnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com