Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMII Direncanakan Buka Sebelum G20 pada November 2022

Kompas.com - 10/10/2022, 20:10 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur akan dibuka secara bertahap kepada publik, dengan target pembukaan sebelum acara Presidensi G20 yang berlangsung pada November 2022 mendatang.

"Taman Mini ini sekarang masih dalam tahap make-over dan secara bertahap akan mulai dibuka pada publik, dan untuk targetnya kita harapkan sebelum G20 November ini, sudah mulai dibuka," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Baca juga:

Ia melanjutkan bahwa saat ini tarif masuk TMII masih dalam tahap perhitungan.

"Jadi selagi kegiatan pembangunan dan penataan ini menggunakan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), tapi tarif ke depannya akan disesuaikan tentunya," tuturnya.

"Kita berharap nanti tarif TMII akan tetap terjangkau karena ini adalah salah satu destinasi unggulan paling ramai dikunjungi di Jaktim (Jakarta Timur)," imbuh Sandiaga.

Baca juga: Trem Mover Hadir di TMII, Gantikan Kereta Layang Aeromovel

MICE dan wisata kuliner di TMII

Menparekraf juga menyampaikan, pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Injourney, agar mengembangkan TMII sebagai termasuk wisata unggulan.

Hal tersebut termasuk lewat kehadiran wisata MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) dan kuliner.

"Destinasi MICE maupun wisata kuliner nanti akan kita hadirkan di Taman Mini. Kami terus berkoordinasi dengan Injourney, dengan PUPR agar TMII setelah make-over akan menjadi destinasi unggulan khususnya di Jakarta Timur," katanya.

Baca juga:

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (1/9/2022), revitalisasi TMII telah mencapai 98 persen. Beberapa anjungan pun telah rampung direnovasi. 

"Untuk progresnya sendiri untuk revitalisasi ini baru 98 persen, sudah mendekati selesai," kata Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eny Utami, kepada Kompas.com, Rabu (31/08/2022).

Baca juga: Uji Coba Pembukaan TMII Diadakan Oktober 2022, Harga Tiket Tak Berubah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com