Kompas.com - 11/10/2022, 09:48 WIB

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) punya sejumlah aturan terkait barang bawaan penumpang yang harus dipatuhi, guna menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama perjalanan.

Adapun sesuai aturan yang berlaku, KAI telah menetapkan bahwa setiap penumpang diberikan bagasi gratis sampai berat maksimum 20 kilogram (kg).

Volume barang bawaan maksimum 100 desimeter kubik (100 liter) dan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 sentimeter, serta sebanyak-banyaknya terdiri dari empat koli (item bagasi).

Baca juga:

"Barang bawaan penumpang harus diletakkan pada rak bagasi di atas tempat duduk penumpang, atau diletakkan di tempat lain sedemikian rupa," kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan yang Kompas.com terima, Senin (10/10/2022).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Hal ini dimaksud agar tidak mengganggu atau membahayakan penumpang lain dan tidak menimbulkan kerusakan pada kereta.

Harga kelebihan bagasi di kereta api

Lalu, bagaimana jika saat melakukan boarding pemeriksaan tiket, penumpang diketahui membawa bagasi yang melebihi ketentuan?

Baca juga: Kompensasi yang Harus Diterima Penumpang jika Perjalanan KA Terhambat

Maka, penumpang akan dikenakan biaya yang mana besarnya sesuai dengan kelas kereta, sebagai berikut:

Ilustrasi kereta api eksekutif Argo Dwipangga pada Kamis (15/10/2020).Dok. Shutterstock/Paramarta Bari Ilustrasi kereta api eksekutif Argo Dwipangga pada Kamis (15/10/2020).

  • Rp 10.000 per kilogram untuk kelas eksekutif
  • Rp 6.000 per kilogram untuk kelas bisnis
  • Rp 2.000 per kilogram untuk kelas ekonomi

Sedangkan bagi penumpang dengan barang bawaan lebih dari 40 kilogram atau 200 desimeter kubik (200 liter) disarankan untuk mengangkut barangnya menggunakan jasa ekspedisi kereta api.

Sebab tidak diperkenankan untuk membawa barang bawaan tersebut ke dalam kabin kereta penumpang.

Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta pengiriman barang retail dengan kereta api dilayani di tiga stasiun yakni, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasarsenen dan Stasiun Cikampek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.